5 Makananan khas Lombok Timur ini Terkenal Enak dan Unik!

5 Makananan khas Lombok Timur ini Terkenal Enak dan Unik!

5 Makananan khas Lombok Timur ini Terkenal Enak dan Unik!--

PAGARALAMPOS.COM - Kabupaten Lombok Timur letaknya berbatasan dengan Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah di sebelah barat, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur berbatasan dengan Selat Alas dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa.

Lombok Timur pariwisatanya lebih didominasi oleh jenis wisata alam seperti pantai serta daerah pegunungan. Tak hanya wisata alam, Lombok Timur juga terkenal memiliki wisata kuliner yang menarik.

1. Kue Kerake

Jika dilihat sekilas, tampilan makanan ini mirip seperti susunan bawang putih. Namun ini adalah makanan khas Lombok Timur yang bernama kerake. Asal jajanan tradisional ini dari Desa Kelayu, Kec. Selong, Kab. Lombok Timur.

BACA JUGA:Harus Tahu! 7 Tempat Wisata Tersembunyi dan Eksotis di Lombok Timur

Makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh ini biasanya dikemas ke dalam suatu wadah yang bernama besek yang berbahan anyaman bambu.

Kerake bahan dasarnya adalah ketan, santan serta gula merah. Semua bahan tersebut dimasak dengan cara diaduk-aduk hingga menjadi kerake atau seperti jenang di daerah Jawa. Namun tekstur kerake lebih kering juga lebih keras.

Kerake biasanya dibungkus memakai daun jagung kering. Kue ini diikat jadi tiga bagian memakai seutas tali yang berbahan bilah-bilah bambu dengan ukuran kira-kira sebesar benang Kasur. Kerake memiliki rasa yang enak, manis serta legit dan mudah dijumpai di toko oleh-oleh di Lombok.

2. Serabi Santan

Serabi adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari karena rasanya yang lezat. Di daerah Lombok Timur juga terdapat jenis serabi, yaitu serabi santan. Penambahan santan membuat rasa kue serabi ini jadi gurih sehingga tanpa diberi campuran yang lainnya, kue serabi ini terasa lezat dan gurih.

Untuk penyuka serabi yang manis, tinggal pesan saja karena penjual serabi di Lombok Timur tak hanya menjual serabi gurih saja, tapi juga serabi yang rasanya manis. Jika kamu pesan kue serabi yang bagian atasnya setengah matang, kamu akan merasakan rasa santan yang masih segar.

BACA JUGA: Rumah Sederhana Ini Ditawar Rp2,5 Miliar, Di Pagar Alam Juga Ada?

Untuk kamu yang sedang berjalan-jalan di Kota Selong, kamu dapat menemukan kue serabi ini dijual di barat ataupun selatan dari lapangan nasional Selong. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kue serabi ini di pasar-pasar tradisional yang penjualnya umumnya akan mulai berjualan sejak pagi hari.

3. Bantal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: