Patut Dicoba, 5 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost

Patut Dicoba, 5 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost

Patut Dicoba, 5 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost-Foto: net-

Kamu juga bisa mulai belajar masak menu sederhana dengan bahan yang mudah kamu dapatkan. Jika kamu memasak, kamu bisa memasak untuk dimakan 2 sampai 3 kali sehari. Biaya yang dikeluarkan juga cukup terjangkau daripada kamu beli makanan di luar.

BACA JUGA:Biaya liburan ke Kota Pagaralam, Tidak Bikin Kantong Kering!

Kamu juga bisa menerapkan meal preparation agar tidak bingung saat mengolah makanan. Di awal minggu bisa membeli bahan-bahan yang diperlukan selama seminggu ke depan. Belilah sesuai kebutuhan agar bahan makanan tidak terbuang sia-sia karena membusuk.

3. Belanja bulanan sekaligus

Cobalah berbelanja kebutuhan sekaligus untuk satu bulan agar lebih hemat dan berbelanjalah dengan cermat. Hal ini sangat penting dilakukan jika kamu membeli kebutuhan secara sekaligus dalam satu waktu, maka akan membuat kamu jadi lebih fokus pada barang-barang yang diperlukan saja. Sebab belanja secara mencicil atau sedikit demi sedikit mungkin terlihat lebih ringan, tapi malah membuat pengeluaran terlalu boros.

4. Kurangi hang out

Sebagai anak kost tentu kamu akan bosan apabila hanya di kamar saja. Hang out atau nongkrong menjadi kegiatan sehari-hari untuk membunuh kebosanan. Namun, dengan kebiasaan ini kamu malah lebih boros karena membeli minuman dan makanan di cafe.

BACA JUGA:7 Wisata Kuliner di Prabumulih yang Terkenal dan Enak

Cara mengantisipasi banyaknya pengeluaran kamu saat ingin ke cafe adalah usahakan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum pergi nongkrong, sehingga saat nongkrong, kamu cukup hanya membeli minuman saja. Kali ini kamu tidak perlu membatasi diri dengan hanya membeli air putih saja.

Kamu boleh membeli minuman cafe dengan batasan harga tertentu jika memang ini tidak sering kamu lakukan.

5. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat seperti tidur teratur, cukupi asupan makan yang baik dan rutin berolahraga maka hidupmu jauh lebih tertata dan terstruktur.

Tidak perlu makan makanan mahal jika ingin sehat dan mendapatkan nutrisi baik. Jika kamu sudah mengenal tubuhmu dan bahan makananmu, maka akan jadi jauh lebih mudah kamu menentukan pilihan resep makan yang bisa kamu coba dalam seminggu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: