Catat! 6 Sejarah Menarik Kota Prabumulih

Catat! 6 Sejarah Menarik Kota Prabumulih

Catat! 6 Sejarah Menarik Kota Prabumulih--

Catat! 6 Sejarah Menarik Kota Prabumulih

PRABUMULIH,PAGARALAMPOS.COM - Prabumulih merupakan kota yang terletak di Sumatera Selatan dengan ibu kota di Prabumulih. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim di sebelah timur, selatan, dan barat.

Sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Penukai Abab Lematang Ilir. Jarak antara Palembang dengan Kota Prabumulih kurang lebih 90 km, bila ditempuh lewat jalan tol kisaran waktu sekitar dua jam.

Prabumulih adalah kota terbesar ketiga di Sumatera Selatan setelah Palembang dan Lubuk Linggau. Kota ini terbagi menjadi enam kecamatan, yakni Cambai, Prabumulih Barat, Prabumulih Selatan, Prabumulih Timur, Prabumulih Utara, dan Rambang Kapak Tengah. 

Cikal bakal Prabumulih dimulai dari pendirian dusun bernama Pehabung Uleh sekitar 700 tahun lalu. Nama itu diartikan sebagai tempat tanah yang meninggi. Pada masa pendudukan Belanda, nama dusun berubah menjadi Peraboeng Ngoeleh.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata di Prabumulih yang Lagi Viral, Wajib Dikunjungi!

Baru pada masa pendudukan Jepang namanya diubah menjadi Peraboeh Moelih dan disederhanakan menjadi Prabumulih setelah masa kemerdekaan. 

Status administratifnya saat itu masih merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Muara Enim. Pada 10 Februari 1983, Kecamatan Prabumulih resmi ditingkatkan statusnya menjadi Kota Administratif Prabumulih.

Statusnya kemudian ditingkatkan menjadi Pemerintah Kota Prabumulih berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2001 tertanggal 21 Juni 2001.

Selama hampir dua tahun, wilayah itu dipimpin pejabat wali kota Prabumulih sebelum berhasil melantik Rachman Djalili dan Yuri Gagarin sebagai wali kota dan wakil wali kota pertama Prabumulih pada 13 Mei 2003.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Lokal, 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Wisata Padang Betuah Bengkulu

1. Nanas Termanis di Indonesia

Salah satu potensi alam yang jadi andalan di Prabumulih adalah nanas. Mengutip laman hortikultura.pertanian.go.id, nanas asal Bumi Seinggok Sepemunyian ini disebut sebagai nanas termanis di Indonesia. Rasa manisnya unik dengan 13 brix (tingkat kemanisan).

Luas pertanaman nanas di Kota Prabumulih mencapai 400 hektare tersebar di Kecamatan Prabumulih Timur, Cambai, dan Rambang Tapak Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: