Pelesiran Sembari Berwisata Ekstrem

Pelesiran Sembari Berwisata Ekstrem

Camping Ground Kampung IV, di kaki Dempo. --AriesTorresPagaralamPos

PAGARALAMPOS.COM - Dempo seperti gunung cinta di tengah belantara tropis.

Banyak pendaki yang jatuh hati dengan kedua puncak kembarnya. 

Puncak Dempo di ketinggian 3159 meter di atas permukaan laut dan puncak Merapi di 3174 mdpl, mengapit padang rumput luas di tengah kedua puncak yang disebut Lembah Panjang Umur. 

Kalangan pecinta alam menilai Dempo adalah gunung betina karena dua puncaknya berbentuk melengkung seperti busur. 

Berbeda konturnya dengan peak performace gunung Rinjani di Lombok (3726 mdpl.), atau Kerinci (3804 mdpl) misalnya, yang melentik ke atas, selain terkesan lebih tinggi juga tampak jantan. 

BACA JUGA:9 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambarawa Hits dan Paling Populer

Secara geografis gunung Dempo merupakan mata rantai Bukit Barisan, kawasan dataran tinggi di sepanjang sisi barat pulau Sumatera. 

Tepatnya terletak antara kecamatan Jarai dan kota Pagar Alam di provinsi Sumatera Selatan. 

Para pendaki gunung umumnya melakukan ekspedisi melalui areal perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VII Pagaralam. 

Sedangkan rute bukit timur di Jarai, kebanyakan dilalui pendaki tradisional mencari sarang burung atau berburu dan berladang di kaki gunung. 

BACA JUGA:Bikin Ngiler! Ini 6 Tempat Wisata Kuliner Paling Enak di Ambarawa

Terbakarnya hutan hujan tropis Sumatera sebagai salahsatu kawasan vital paru-paru dunia dan habitat phantera tigris sumatrae, sejenis harimau yang populasinya telah langka, tak kurang mengundang lembaga Uni Eropa mendirikan Fire Forest Prevention and Control Project demi menanggulangi bahaya kebakaran hutan yang terjadi setiap tahun. 

Juga keberadaan orangutan dan siamang yang kini kian jarang terdengar ‘dengkingnya’. 

Camping Ground dan Homestay: Setiap libur panjang, seperti peringatan Proklamasi, Libur Hari Raya Idul Fitri atau Tahun Baru, kawasan Kampung 4 serta areal kebun teh dipastikan ramai didatangi ribuan wisatawan, pelancong dan pegiat alam bebas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: