11 Kuliner Legendaris di Bandung, Enak dan Murah!

11 Kuliner Legendaris di Bandung,  Enak dan Murah!

11 Kuliner Legendaris di Bandung, Enak dan Murah!--

BANDUNG,PAGARALAMPOS.COM - Ketika sedang berwisata ke sebuah tempat, kita pasti ingin mencoba kuliner legendaris di tempat tersebut.

Pasalnya, kuliner legendaris pasti menyajikan hidangan yang khas dan rasanya pun dijamin enak. Kuliner legendaris yang benar-benar enak pasti masih eksis dan tetap ramai pengunjung meskipun sudah buka sejak lama.

Kali ini, Keluyuran ingin mengajak kamu berwisata kuliner di Bandung.

Kami akan mengajak kamu hunting kuliner legendaris di Bandung yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Langsung saja simak rekomendasi tempat kuliner legendaris yang wajib kamu singgahi ketika berada di Bandung berikut ini!

BACA JUGA:5 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Enaknya Sejak Zaman Belanda

1. Rumah Makan Linggarjati

Alamat: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung
Nomor Telepon: 0823-7070-1950
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 - 18.30 WIB
Kisaran Harga: -


Selain batagor, makanan yang paling dicari oleh wisatawan jika berlibur ke Bandung adalah yamien. Keluyuran merekomendasikan Rumah Makan Linggarjati sebagai kuliner legendaris yang menawarkan menu yamien.

Yamien dengan mie yang kenyal dan kuah yang gurih ini disajikan dengan topping yang bisa kita pilih sesuai selera, seperti bakso, pangsit, babat, tahu, dan masih banyak lagi. Sambil menikmati yamien, jangan lupa untuk turut memesan jus alpukatnya yang segar dan rasanya beda dari jus alpukat lainnya. Rumah makan yang buka sejak tahun 1950 ini beralamatkan di Jalan Balonggede No. 1, Bandung.

BACA JUGA:6 Bisnis Kuliner Unik, Terbukti Menguntungkan!

2. Warung Bu Eha

Alamat: Pasar Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung
Nomor Telepon: (022) 4261453
Jam Operasional: Senin - Sabtu, 07.00 - 15.00 WIB
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi
Siapa bilang kuliner legendaris di Bandung selalu dijual dengan harga yang mahal? Warung Bu Eha adalah tempat makan legendaris yang menu makanannya murah meriah. Tak hanya legendaris saja, rumah makan ini terbilang spesial karena pernah disambangi oleh Presiden Soekarno.

Di warung yang sudah berdiri sejak tahun 1947 ini kita bisa memesan menu makanan khas rumahan, seperti pepes ikan, gepuk, urap, gulai, dan makanan khas Sunda lainnya. Meskipun berada di dalam pasar, Warung Bu Eha ini cukup bersih dan nyaman. Bila kamu penasaran dengan kelezatan makanan di warung legendaris ini, silakan datang ke tempatnya di Pasar Cihapit, Jalan Cihapit No. 8A, Bandung.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Kuliner Terkenal di Semarang

3. Sumber Hidangan

Alamat: Jl. Braga No.20-22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Nomor Telepon: (022) 4236638
Jam Operasional: Senin-Sabtu, 09.30 - 15.30 WIB
Kisaran Harga: Rp6.500 - Rp300.000 per porsi
Kembali ke kawasan Braga kita akan menemukan kuliner legendaris di Bandung yang spesial menjual aneka roti dan es krim. Banyak pilihan roti khas Belanda yang bisa kamu temukan di Sumber Hidangan. Restoran ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1929. Sampai sekarang Sumber Hidangan tetap konsisten menyajikan dessert tempo dulu dengan rasa yang masih otentik.

BACA JUGA:5 Pilihan Tempat Wisata Kuliner di Muara Enim

Uniknya, di sini kita bisa menemukan beragam cemilan khas Belanda yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya, seperti Bokkepootjes, Tompoesjes, dan Moorkoppen. Es krim di sini juga tampilan dan rasanya juga jadul banget, tapi justru itulah yang membuat restoran ini ramai dikunjungi karena anti-mainstream. Sumber Hidangan berlokasi di Jalan Braga No. 20-22, Braga, Bandung.

4. Bandoengsche Melk Centrale

Alamat: Jl. Aceh No.30, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Nomor Telepon: (022) 4204595
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 - 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp30.000 - Rp75.000 per porsi
Mau menikmati steak atau sop buntut? Semuanya ada di BMC (Bandoengsche Melk Centrale). Restoran yang sudah eksis sejak tahun 1920 ini merupakan kuliner legendaris di Bandung yang cocok untuk nostalgia. Di tempat ini juga terdapat live music yang membawakan musik klasik maupun irama jazz.

BACA JUGA:Catat! Ini 6 Kuliner yang Hanya Ada di Kota Pagar Alam

Sesuai dengan namanya, tempat ini sebenarnya menjual susu sapi berkualitas. Namun seiring berkembangnya waktu, restoran ini mulai menawarkan makanan utama khas Nusantara maupun Belanda.

5. Roti Bakar Gempol

Alamat: Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
Nomor Telepon: (022) 4239469
Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 - 19.00 WIB
Kisaran Harga: Rp12.000 - Rp51.000 per porsi
Solusi bagi kamu yang tidak ingin makan yang berat-berat adalah Roti Bakar Gempol. Yang satu ini juga merupakan kuliner legendaris karena sudah ada sejak tahun 1958. Sampai saat ini, Roti Bakar Gempol masih menjadi salah satu tempat makan roti bakar terenak di Bandung dan  selalu ramai dikunjungi. Bahkan, wisatawan dari luar Kota Bandung pun penasaran dengan roti bakar jadul yang melegenda ini.

BACA JUGA:7 Wisata Kuliner di Kerinci yang Terkenal, Wajib Dicoba!

Menariknya, di sini kita bisa memilih jenis rotinya sendiri, ada roti tawar, roti manis, dan roti gandum. Selain itu, isian untuk rotinya sangat variatif, mulai dari keju, telur, sampai dengan daging. Kalau memilih roti manis, isi roti bakarnya berupa selai, susu, dan coklat.

6. Toko You

Alamat: Jl. Hasanudin No.12, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
Nomor Telepon: (022) 2503332
Jam Operasional: Setiap hari, 07.30 - 23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp35.000 - Rp90.000 per porsi
Kuliner legendaris di Bandung yang akan kami review pertama kali adalah Toko You.

Rumah makan ini berfokus menyajikan menu Chinese food meskipun ada beberapa hidangan khas Nusantara yang juga disajikan di sini, seperti rawon misalnya.

Yang menjadi menu andalan dari tempat makan ini adalah Yamien. Mie tersebut bisa disajikan dengan bakso, siomay, dan pangsit.

BACA JUGA:8 Wisata Kuliner di Bungo yang Terkenal dan Enak

Usut punya usut, Toko You sudah berdiri sejak tahun 1947. Toko yang sudah berpindah tangan dari beberapa generasi ini tetap mempertahankan cita rasa setiap makanan yang dihidangkan agar pengunjung merasakan kelezatan makanan khas tempo dulu. Tempat makan ini bernuansa vintage dan cukup nyaman dijadikan tempat kongkow. Kunjungi Toko You di Jalan Hasanudin No. 12, Lebakgede, Coblong, Bandung.

7. Tizi Cake Shop & Restaurant

lamat: Jl. Kidang Pananjung No.3, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
Nomor Telepon: (022) 2504963
Jam Operasional: Setiap hari, 11.00 - 20.00 WIB
Kisaran Harga: Rp35.000 - Rp218.000 per porsi
Tizi Cake Shop & Restaurant adalah tempat makan legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 70-an silam. Tempat makan ini menjual aneka kue dan makanan ala Eropa.

BACA JUGA:7 Wisata Kuliner di Merangin yang Terkenal, Wajib Dicoba!

Ada chicken dan beef schaschilk, barbeque sausage, aneka steak, wiener schnitzel. Selain itu juga ada macam-macam dessert seperti pancake, poffertjes dan apple crumble. For your info, tempat makan yang satu ini luas banget, lho! Interiornya didominasi oleh kekayuan, dan furniture-nya yang terkesan jadul memberikan suasana homey yang nyaman. Kamu tertarik untuk berkunjung kemari?

8. Rasa Bakery & Cafe


Alamat: Jl. Tamblong Dalam No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40111
Jam Operasional: 08.00 - 21.30 WIB
Nomor Telepon: (022) 4205330
Kisaran Harga: Rp25.000 - Rp60.000 per porsi
Rasa Bakery & Cafe adalah salah satu restoran di Bandung yang mesti banget kamu kunjungi. Selain menyajikan aneka makanan yang legendaris mulai makanan indonesia hingga western, interior di Rasa Bakery & Cafe ini pun memiliki suasana jadul.

Salah satu menu yang wajib dipesan kalau ke sini adalah es krim legendarisnya. Penyajian dari eskrimnya pun unik lho, eskrim terdiri dari tiga rasa yaitu vanila, cokelat dan strawberry disajikan di dalam batok kelapa, dilengkapi pula dengan potongan buah dan kue. Oh iya, air kelapanya sendiri disajikan terpisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: