6 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari Selama Berpuasa

6 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari Selama Berpuasa

6 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari Selama Berpuasa -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Selama bulan Ramadhan, berbuka puasa menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu setiap harinya. Selain bisa menyantap berbagai variasi makanan yang tersedia, berbuka puasa juga menjadi momen berkumpul keluarga.

Mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tepat saat berpuasa tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. 

Hanya saja, rasa lapar yang telah ditahan sepanjang hari kerap membuat kebiasaan tak sehat saat berbuka puasa.

Jika dilakukan berulang, kebiasaan tidak sehat tersebut justru bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan membuat ibadah puasa menjadi tidak lancar.

BACA JUGA:Cegah Dehidrasi Selama Berpuasa, ini 5 Pilihan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi

Pada saat berpuasa, ada kebiasaan tidak sehat yang apabila dilakukan justru bisa mengganggu kesehatan. Berikut ini adalah berbagai kebiasaan di bulan puasa yang sebaiknya dihindari:

1. Tidak sahur

Makan sahur biasanya dilakukan sekitar pukul 3–4 pagi, sehingga membuat Anda harus bangun lebih awal dari biasanya. Rasa kantuk dan malas untuk bangun pagi sering membuat makan sahur terlewatkan.

Jika melewatkan sahur, waktu berpuasa akan menjadi lebih panjang. Hal ini bisa membuat cadangan nutrisi dan energi tidak cukup hingga waktu berbuka. Akibatnya, timbul dehidrasi, lemas, kurang gula darah, dan sakit kepala.

2. Tidur sepanjang hari

Saat bulan puasa, siklus tidur biasanya akan berubah. Sebagian besar orang memiliki kebiasaan mengurangi waktu tidur di malam hari dan lebih banyak tidur di siang hari. Bahkan, ada yang memilih tidur sepanjang hari untuk menghindari rasa lapar. Kebiasaan ini justru bisa membuat badan lemas.

BACA JUGA:5 Tips Aman Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, misalnya membaca Al-Quran atau melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau yoga. Dengan begitu, badan pun akan tetap segar dan bugar.

3. Tidur setelah makan sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: