Cegah Dehidrasi Selama Berpuasa, ini 5 Pilihan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi

Cegah Dehidrasi Selama Berpuasa, ini 5 Pilihan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi

Cegah Dehidrasi Selama Berpuasa, ini 5 Pilihan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Saat menjalankan ibadah puasa, kita rentan mengalami dehidrasi. Apalagi jika kita tidak memiliki asupan air cukup saat berbuka dan sahur. Pemilihan makanan untuk berbuka dan sahur juga berpotensi besar terhadap cukup tidaknya cairan dalam tubuh. 

Ketika cairan tidak tercukupi dengan baik, tubuh pun akan mengalami dehidrasi. Dan jika sudah dehidrasi, kita tak hanya akan merasa kehausan sepanjang hari, kita pun bisa menjadi lebih lemas dan rentan terhadap risiko kesehatan terutama radang tenggorokan. 

Mengonsumsi minuman sehat akan membuat tubuh tetap terhidrasi meski sedang berpuasa. Dengan begitu, kamu akan lebih berenergi dan bersemangat untuk menjalani aktivitas. Berikut ini adalah berbagai pilihan minuman untuk mencegah dehidrasi saat puasa:

1. Air mineral

Sudah bukan rahasia lagi jika mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup adalah kunci utama untuk mencegah dehidrasi. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air mineral juga baik bagi kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah sembelit saat puasa.

BACA JUGA:5 Tips Aman Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Orang dewasa disarankan minum air sebanyak 2–3 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Untuk memudahkanmu mencukupi kebutuhan cairan saat puasa, kamu bisa gunakan rumus 2–4–2, yaitu 2 gelas air saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

2. Air kelapa

Kalium, natrium, dan magnesium adalah jenis elektrolit yang terkandung di dalam air kelapa. Berkat nutrisinya ini, air kelapa cocok dijadikan minuman untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Air kelapa juga rendah kalori, sehingga dapat membantu melancarkan program diet saat puasa yang mungkin sedang kamu jalani.

3. Infused water

Infused water terbuat dari air yang dicampur dengan potongan buah-buahan segar dan rempah-rempah yang dapat membantu mencegah dehidrasi saat puasa. Minuman ini juga dapat meningkatkan energi, mendukung penurunan berat badan, membantu pembuangan racun atau detoks, hingga memperbaiki suasana hati.

BACA JUGA:Waspadai Kebakaran Selama Ramadhan, BPBD Siagakan Personel 24 Jam

Pilihan buah dan rempah yang bisa digunakan untuk membuat infused water antara lain lemon, semangka, jeruk, stroberi, apel, jeruk nipis, daun mint, daun basil, dan kayu manis.

4. Jus buah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: