Waspadai Kebakaran Selama Ramadhan, BPBD Siagakan Personel 24 Jam

Waspadai Kebakaran Selama Ramadhan, BPBD Siagakan Personel 24 Jam

Foto: Ist/Pagaralampos.com SIMULASI: Walikota Pagaralam Alpian Maskoni lakukan penyemprotan water cannon ke titik api, ditujukan untuk memadamkam api dalam giat simulasi di apel gabungan. --

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam meminta, masyarakat Pagaralam untuk bisa mewaspadai bencana kebakaran, lebih lagi selama bulan suci Ramadhan 1444 H.

“Ya, kita minta kepada masyarakat Pagaralam, agar dapat selalu waspada bencana kebakaran, apalagi selama bulan suci Ramadhan 1444 H, matikan kompor khususunya usai masak keperluan untuk sahur,” seru Kepala BPBD Kota Pagaralam, Jon Hasman.

Menurut Jon Hasman, masyarakat terkadang lupa mematikan kompor, seusai masak keperluan sahur.

“Memasak pada dini hari, terkadang membuat ibu-ibu dalam kondisi yang sudah mengangtuk, sehingga lupa mematikan kompor. Karena itu, dibutuhkan selalu sikap kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran,” ungkap Jon Hasman.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Bukber di Lahat

Dikatakan Jon Hasman, dirinya meyakini bila seluruh masyarakat, selalu siaga dan juga waspada, maka dipastikan tidak akan terjadi peristiwa kebakaran selama Ramadhan 1444 H ini. 

“Seperti puasa di tahun lalu, hampir nihil terjadinya musibah kebakaran rumah. Dan ini yang kita inginkan, agar seluruh masyarakat Pagaralam bisa selalu siaga dan waspada,” jelasnya.

Lebih jauh Jon Hasman juga menegaskan, untuk pencegahan dan juga penanganan kebakaran selama Ramadhan ini, masyarakat juga hendaknya bisa memperhatikan kondisi instalasi kabel penerangan di rumahnya, bila kabelnya sudah haus maka sebisa mungkin bisa diganti yang baru.

“Kalau bisa kabel listrik itu, yang sudah Standar Nasional Indonesia (SNI). Kita juga selalu menyiagakan petugas, yang standby 24 jam di pos penjagaan secara bergantian, baik itu petugas Damkar maupun Satgas BPBD,” bebernya.

BACA JUGA:Bangun Sinergitas Ciptakan Pemilu Kondusif, KPU Sambangi Rumah Wako Gelar Coklit

Rincian petugas yang standby itu, sebut Jon Hasman, Satgas BPBD ada 6 petugas yang jaga di pagi – siang hari, serta 7 petugas bertugas di malam hari. Pun dengan petugas PBK Damkar Kota Pagaralam, dibagi dua shift 14 personel di pagi – siang hari dan 14 personel bertugas di malam hari.

“Kami minta kepada masyarakat Pagaralam, agar tetap waspada kebakaran selama bulan suci Ramadhan. Dan jangan lupa setelah memasak di dapur, harus diperhatikan kondisi kompor, jangan sampai menyala dan memicu terjadinya kebakaran,” imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: