7 Tips Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu

7 Tips Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu

8 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu-Foto: Ist-

3. Kenali minat serta bakat dalam diri

Cara memilih jurusan kuliah yang ketiga adalah mengenal minat dan bakat dalam diri. Sebelum memutuskan untuk memilih suatu jurusan kuliah, ada baiknya untuk melakukan tes minat dan bakat. Hasil dari tes minat dan bakat ini nantinya dapat kamu gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah yang ingin kamu ambil.

BACA JUGA:20 Jurusan Sepi Peminat di UNSRI Tahun 2023

4. Riset Jurusan dan Perguruan Tinggi

Ketahui sebanyak-banyaknya berbagai jurusan kuliah yang ada. Selain itu, kamu juga bisa menggali informasi lebih banyak mengenai apa saja yang dipelajari dalam jurusan kuliah tersebut dan prospek kerjanya.

Dengan demikian kamu setidaknya sudah bisa membandingkan di antara berbagai macam jurusan kuliah yang ada, apa saja jurusan yang paling cocok denganmu.

Setelah riset jurusan dan sudah memiliki daftar jurusan kuliah yang sekiranya cocok untukmu, jangan lupa juga untuk mengetahui universitas apa saja yang menyediakan jurusan pilihanmu!

BACA JUGA:5 Universitas Negeri di Palembang

5. Tentukan kamu ingin menjadi apa setelah kuliah

Cara memilih jurusan kuliah yang kelima adalah menentukan kamu ingin menjadi apa setelah selesai kuliah. Setelah selesai kuliah, beberapa orang memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang selanjutnya. Beberapa orang juga memilih untuk membuka bisnis. Namun, mayoritas biasanya setelah kuliah mereka akan bekerja. Dengan menanyakan kamu ingin menjadi apa setelah kuliah, maka kamu harus menggali potensi diri kamu tentang apa yang ingin kamu raih di masa yang akan datang.

6. Mempertimbangkan Prospek Karier Jurusan

Dalam memilih jurusan kuliah tidak hanya sebatas pada minat saja, melainkan kamu juga perlu untuk mempertimbangkan prospek jurusan kuliah yang akan kamu ambil di masa depan.

BACA JUGA:6 Fakta Kota Pagar Alam Menggemparkan Indonesia

Mempertimbangkan prospek kerja tentunya akan sangat berguna bagimu supaya ketika lulus nanti, ada banyak perusahaan yang membutuhkanmu serta hal ini juga bisa mempengaruhi besarnya gaji yang akan kamu dapatkan di kemudian hari.

7. Hindari memilih jurusan karena ikut-ikutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: