7 Tips Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu

7 Tips Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu

8 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Memilih jurusan adalah salah satu keputusan terpenting yang dapat dibuat oleh seorang mahasiswa. 

Namun, mayoritas mahasiswa cenderung masih bingung apa saja cara untuk memilih jurusan kuliah.

Idealnya, jurusan perguruan tinggi dapat membuka pintu untuk memasuki dunia kerja dan membantu membuka jalan menuju pekerjaan bergaji tinggi dan karir yang menjanjikan. 

Ternyata ada beberapa cara memilih jurusan kuliah agar sesuai dengan minat dan bakat kamu. Yuk, simak caranya dalam artikel ini.

BACA JUGA:Hitchcock (2012), Menguak Sisi Lain dari Alfred Hitchcock

Sebelum mendaftar kuliah terdapat beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, salah satunya adalah mengetahui lebih dalam mengenai kampus dan jurusan yang akan kamu ambil. Hal ini perlu kamu pelajari karena untuk memastikan jurusan yang kamu ambil adalah jurusan yang sesuai dengan minat kamu dan kamu benar-benar ingin belajar dan mendalami jurusan yang kamu pilih.

1. Cari Tahu Passion Kamu

Melansir dari Katadata, passion merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu secara antusias. Lantas, apakah kamu sudah menemukan passion?

Jika belum, coba diingat-ingat lagi aktivitas apa yang paling sering dikerjakan namun tidak pernah bosan dan selalu bersemangat untuk menyelesaikannya.

Misalnya jika kamu menyukai hal yang berhubungan dengan bidang fotografi, menggambar, dan menuangkan ide-ide kreatif, kamu bisa memilih jurusan-jurusan yang relate di bidangnya seperti jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), jurusan penyiaran (broadcasting), desain grafis, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:7 Kampus Terbaik di Palembang, Salahsatunya Raih Peringkat Dunia

2. Menggali potensi diri

Tiap orang pasti memiliki potensi yang terdapat di dirinya masing-masing. Cara memilih jurusan kuliah yang kedua adalah dengan menggali potensi diri yang kamu miliki. Potensi ini dapat menjadi salah satu pertimbangan saat kamu memilih jurusan kuliah.

Khususnya bagi kamu para pelajar yang hendak memasuki dunia perkuliahan, kamu bisa menggali potensi diri kamu agar tahu keunggulan yang kamu punya. Salah satu cara untuk mengetahui potensi diri adalah dengan menekuni hobi yang kamu lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: