5 Amalan di Bulan Ramadhan yang Wajib Dilakukan, Salahsatunya Bikin Tercengang!

 5 Amalan di  Bulan Ramadhan  yang Wajib  Dilakukan, Salahsatunya Bikin Tercengang!

5 Amalan di Bulan Ramadhan yang Wajib Dilakukan, Salahsatunya Bikin Tercengang!--

PAGARALAM,PAGARALAMPOS.COM - Sebagai umat muslim, bulan suci Ramadan merupakan momentum untuk mengumpulkan pahala sebanyak banyaknya. Mengerjakan amalan- amalan baik di bulan Ramadan akan memperoleh ganjaran pahala yang tiada tara dari Allah SWT.

Lantas, apa saja amalan amalan tersebut? Mengutip dari NU Online, berikut merupakan 5 amalan di bulan Ramadan sesuai sunah Rasul:

1. Menyegerakan waktu berbuka

Amalan yang pertama yaitu, menyegerakan waktu berbuka dan tidak menunda-nunda. Saat azan Maghrib berkumandang, hendaklah kita segera membatalkan puasa.

Kemudian, Rasulullah SAW juga menyarankan untuk berbuka dengan kurma dan air putih. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

"Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan," (HR Abu Dawud).

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tips sehat Selama Bulan Ramadhan

2. Perbanyak sedekah

Melakukan ibadah puasa merupakan amalan wajib di bulan Ramadan. Orang yang berpuasa ada baiknya memperbanyak sedekah.

Bersedekah bisa dengan menyumbangkan uang atau dengan memberi makanan dan minuman untuk berbuka. Allah SWT menjanjikan ganjaran pahala bagi orang yang melakukan amalan tersebut, sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun." (HR. Tirmidzi no. 807.)

BACA JUGA:Sambut Ramadhan, Warga Bumi Agung Lakukan Gotong Royong

3. Perbanyak membaca Al-Qur'an

Amalan di bulan Ramadan selanjutnya yaitu perbanyak baca Al-Qur'an. Dengan tadarus, kita bisa mengkhatamkan Al-Qur'an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: