Tanam Toga, Manfaatkan Lahan Kosong

Tanam Toga, Manfaatkan Lahan Kosong

LAHAN KOSONG: Tenaga pendidik MAN 1 Pagaralam manfaatkan lahan kosong, untuk tanam Toga sebagai sarana edukasi kepada siswa. -Foto: Ist/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Pagaralam – Memanfaatkan lahan kosong di areal Madrasah, warga MAN 1 Pagaralam lakukan penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga). Selain itu, beragam sayuran mulai dari cabai hingga buah-buahan turut ditanam.

“Upaya ini bagian dari pemanfaatan lahan kosong di belakang Madrasah, sehingga bisa lebih bermanfaat dan bisa ditanami Toga,” ujar Kepala MAN 1 Pagaralam Agus Sutiono SPd melalui Waka Kesiswaan Bahusian didampingi Waka Sarana dan Prasarana Eduar.

Penanaman Toga yang dilakukan sendiri, kata Bahusin, mulai dari kencur, Lengkuas, Jagung, Cabai dan Jambu Alpukat. Tujuan diadakannya penanaman obat dan pangan di halaman Madrasah, untuk memanfaatkan lahan kosong dan sebagai  bahan penelitian dari Mahasiswa STKIP Muhammadiyah untuk melihat proses pertumbuhan tanaman obat di MAN 1 Pagaralam.

“Harapannya, dengan adanya penanaman Toga di lahan kosong MAN 1 Pagaralam, bisa menghasilkan buah yang banyak dan tanaman tumbuh subur, dan Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam bisa melihat hasil dari apa yang mereka tanam di MAN 1 Pagaralam,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: