Garap Kasus Besar, Kejagung Naik Daun

Garap Kasus Besar,  Kejagung Naik Daun

Kepercayaan publik yang meningkat terhadap Kejaksaan Agung (Kejakgung), melebihi kepercayaan atas Kepolisian, KPK, maupun Pengadilan, karena dalam beberapa tahun terakhir Kejaksaan menjadi terdepan dalam penegakkan hukum kasus-kasus besar. -Foto: net-jawapos.com

JAKARTA,PAGARALAMPOS - Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI), Bawono Kumoro, mengatakan kepercayaan publik yang meningkat terhadap Kejaksaan Agung (Kejakgung), melebihi kepercayaan atas Kepolisian, KPK, maupun Pengadilan, karena dalam beberapa tahun terakhir Kejaksaan menjadi terdepan dalam penegakkan hukum kasus-kasus besar.

“Iya (logis jika persepsi publik terhadap Kejaksaan di atas KPK maupun Kepolisian. Terutama dalam setahun terakhir hasil survei kami, seperti Maret tahun lalu. Kasus minyak goreng, yang membuat ibu-ibu rumah tangga menjerit semua, ditangani Kejaksaan,” kata Bawono, Kamis 2 Maret 2023.

Titik awal peningkatan kepercayaan publik terhadap Kejaksaan, menurut Bawono, berawal dari sini.

“Setelah itu Kejaksaan menginjak gas untuk menangani kasus-kasus lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA:DPC Partai Demokrat Pagaralam Dukung Anies Sebagai Presiden RI

Bawono juga menuturkan, dibanding lembaga penegak hukum yang lain, memang Kejagung lebih menonjol. Dijelaskannya, pada Februari mulai muncul kasus kelangkaan minyak goreng. Pada saat itu Kejakgung menjadi leading sektor yang menangani kasusnya, hingga pada Juni ada penetapan tersangka.

“Kejaksaan juga menunjukkan leading penegakkan hukum pada kasus Indosurya dan sejumlah kasus lain,” kata Bawono.

Pada saat bersamaan, pamor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun Kepolisian justru meredup kiprahnya. Kepolisian malah pada pertengahan tahun menjadi sorotan negatif publik karena pembunuhan yang dilakukan Ferdy Sambo, maupun kasus Teddy Minahasa.

“Sampai sekarang residu-residunya masih terasa efeknya buat kepolisian, sampai sekarang. Sekalipun sekarang sudah mulai pulih, ” ungkapnya.

BACA JUGA:Menpora Harap Ajang F1 Powerboat Danau Toba 2023 Jadi Pemicu Munculnya Atlet dan Federasi Nasional

Persepsi positif publik yang meningkat terhadap Kejakgung, menurut Bawono, tidak hanya karena lembaga penegak hukum lain sedang performanya turun. Tapi juga karena peningkatan kinerja Kejakgung.

“Jadi gabungan dari faktor eksternal dan internal. Kalau pun lembaga lain performanya turun, tapi kejaksaan biasa-biasa saja, tentu juga tidak akan begitu,” kata Bawono.*

jawapos.com/nasional/politik/02/03/2023/ipi-sebut-kejagung-naik-daun-karena-berani-garap-kasus-besar/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com