SUCOFINDO Optimalisasi Pengembangan NDT Scale Checker

SUCOFINDO Optimalisasi Pengembangan NDT Scale Checker

--

BANDUNG, PAGARALAMPOS.COM -  PT SUCOFINDO bersinergi kembali dengan Chugai Technos Corporation, sebagai upaya optimalisasi layanan NDT (Non-Destructive Test) khususnya untuk jasa Scale Checker serta perluasan bidang kerja sama di sektor energi, lingkungan, infrastruktur.

Kerja sama ini dikukuhkan dalam Nota Kesepahaman (MoU), yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dengan President and Representative Director Fukuma Satoshi pada perhelatan kegiatan Rapat Pimpinan Nasional 2023 PT SUCOFINDO di Bandung, Kamis, 23 Februari 2023 lalu.

Layanan NDT Scale Checker menurut Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mampu membantu dalam Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan khususnya di bidang energi panas bumi, di mana sumbatan endapan kerak merupakan salah satu kendala utama dalam sistem operasi.

Hal ini pun sejalan dalam implementasi terhadap Peraturan Presiden No. 112/2022 tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik.

BACA JUGA:Tol Semarang Demak Milik Anak Usaha PTPP Siap Beroperasi

“Selain itu, NDT Scale Checker mampu menjadi salah satu solusi bagi operator atau pemilik fasilitas operasi minyak, gas maupun panas bumi dalam membaca profil hambatan atau gangguan dalam jaringan pipa produksi, yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap tebalnya endapan di dalam pipa tanpa menghentikan proses produksi atau membuka pipa,” kata Mas Wigrantoro..

Kedepannya Mas Wigrantoro mengatakan akan terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam rangka menjamin ketersediaan sumber energi melalui jasa-jasa SUCOFINDO lainnya, di bidang analisa laboratorium geothermal, geoscience, geokimia, geofisika, dan konsultansi lainnya, serta pengelolaan aset-aset industri energi terbarukan.

Selanjutnya, President and Representative Director Fukuma Satoshi menyatakan bahwa sinergi ini memiliki 3 fokus bidang kerja sama.

“Fokus kami melakukanefisiensi dan optimalisasi chemical plant di Indonesia melalui uji NDT (Non Destructive Test), menangani isu perubahan iklim di kedua negara melalui analisis kimia lingkungan, dan memastikan keamanan infrastruktur beton di Indonesia melalui survei struktur untuk bangunan,” ujar Fukuma.

BACA JUGA:Jasa Marga dan PTBA Lanjutkan Kolaborasi Pengembangan PLTS

Fukuma menyambut baik kerja sama ini dan menjadi perayaan yang ke-70 tahun bagi Chugai Technos.

“Kami akan merayakan hari jadi Chugai Technos yang ke-70 pada tahun 2023.  Kemitraan Chugai Technos dengan Sucofindo kali ini juga merupakan salah satu dari perayaan utama dari ulang tahun kami,” kata Fukuma.

Kepala Strategic Business Unit Aset Energi Baru dan Terbarukan Viktorianus Iva Taufik, menyatakan siap membantu kebutuhan dan pengembangan bisnis Chugai Technos Corporation melalui layanan NDT Advanced Scale Checker.

“NDT Advanced Scale Checker merupakan salah satu jenis inpeksi tak merusak pada pipa alir yang menggunakan prinsip tomografi dengan sumber radiasi low-level-radiation. Metode NDT Scale Checker ini lebih cepat, mudah dan efisien dalam membaca profil hambatan dalam pipa” ujar Viktorianus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: