Bapas kelas II Lahat Kunjungi Satlantas Polres Pagar Alam, Ada Apa?

Bapas kelas II Lahat Kunjungi Satlantas Polres Pagar Alam, Ada Apa?

Foto : Reri Alfian/pagaralampos.com KUNJUNGAN : Saat Bapas Kelas II Lahat kunjungan ke Satlantas Polres Pagaralam.--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Bapas Kelas II Lahat melaksanakan giat koordinasi dan sinergi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Pagaralam. 

Dalam kesempatan Koordinasi ini menyampaikan perihal evaluasi penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum ( ABH ) di Satlantas Polres Pagaralam. Hal ini diungkapkan Kabapas Kelas II Lahat, Firmansyah melalui Kepala Subseksi Bimbingan Klien Anak ( BKA ), Rinaldi Ahmad, Senin 27 Februari 2023.

Renaldi juga menjelaskan, ditahun 2022 kemarin dimana Bapas mengapresiasi proses hukum ABH yang terjadi di lingkungan Satlantas Polres Pagaralam.

"Yah, Bapas mengaparsiasi yang mana lebih mengedepankan penyelesaian perkara hukum ABH melalui  proses diversi dibandingkan dengan Jalan pemidanaan penjara,"bebernya.

BACA JUGA:Lapas – Perpusda Kerjasama Penukaran Buku Taman Baca

hal, lanjut Renaldi ini selaras dan sejalan dengan UU N0 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak ( SPPA ). Disamping itu mengutamakan kepentingan anak (ABH) yang sedang menjani proses hukum di Satlantas Pagaralam agar hak-hak ABH dalam proses pemeriksaan ABH diutamakan.

"Salahsatunya adalah pendampingan yang dilakukan oleh pihak Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas yang sesuai denggan UU SPPA tersebut. Hal utama ialah untuk dapat lebih mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak terutama mengutamakan penyelessaian kasus atau proses hukum ABH,"pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Pagaralam, AKP Teguh Hidayat mengucapkan terimakasih kepada jajaran Bapas Kelas II Lahat yang telah berkunjung dan bersilahturami. "Selama ini pihak Bapas telah membantu kerja proses penyidikan ABH yang ada di Satlantas Pagaralam sehingga bisa berhasil melakukan diversi dan sesuai dengan kaidah dan aturan UU no 11 Tahun 2012 tentang SPPA,"katanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: