Tips Mengendalikan Emosi Saat Mendidik Anak

Tips Mengendalikan Emosi Saat Mendidik Anak

8 Cara Mengendalikan Emosi pada Anak-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Tiap orangtua pasti pernah marah atau merasa kesal dengan perbuatan anaknya. Hal ini wajar, karena tiap orangtua ingin anaknya menjadi orang yang baik. Nah, yang jadi masalah, orangtua kadang langsung melampiaskan emosinya dengan membentak anak. Menurut banyak ahli, membentak-bentak, meneriaki, apalagi menggunakan kekerasan bukanlah hal yang bijak untuk diterapkan pada anak. Masih ada cara lain yang bisa membuat anak memahami maksud orangtua.

Ada beberapa alasan mengapa orang tua tidak bisa menahan emosi pada anaknya yaitu sebagai berikut.

1. Rasa takut

Orang tua marah biasanya karena takut terhadap sesuatu hal yang buruk menimpa anaknya. Ya, rasa takut bisa membuat orangtua spontan berteriak atau bahkan memukul anak.

Sebagai contoh ketika anak bermain di tempat yang berbahaya seperti dekat peralatan listrik, di kolam yang dalam dan sebagainya.

Marah itu biasanya refleks terjadi terutama jika anak tidak mengindahkan teguran dan peringatan Anda.

Meskipun tujuannya baik, usahakan sebisa mungkin lakukan cara-cara mengendalikan emosi pada anak agar tidak memperkeruh keadaan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Antibiotik yang Ampuh untuk Atasi Radang Amandel

2. Pengaruh stres

Selain karena takut, kondisi yang sedang banyak pikiran atau stres berat juga bisa menyebabkan orang tua melampiaskan kekesalan kepada anak.

Hal ini terutama jika saat itu anak sedang berbuat ulah atau kesalahan. Meskipun kesalahan tersebut sebenarnya sepele, tetapi ibu malah memarahi anak

Jika membiarkan hal ini terus terjadi, anak akan bingung mana yang diperbolehkan orangtua dan mana yang akan dilarang.

Lalu, bagaimana cara mengendalikan emosi pada anak?

Maheen Fatima, seorang ahli psikologi anak dari Dubai, dalam tulisannya berjudul How to Handle Your Anger at Your Child memberikan sejumlah tips agar tidak mudah marah pada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: