10 Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi

10 Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi

10 Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM -  Melakukan gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah berada pada 130/80 mmHg atau lebih. Hal yang cukup berbahaya, pada awal kondisi ini terjadi, biasanya pengidap hipertensi tidak akan merasakan gejala apapun.

Gejala muncul setelah tekanan darah tinggi sudah cukup parah. Padahal, hipertensi yang tidak segera diatasi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk, bahkan kematian. Ada berbagai faktor risiko seseorang mengalami kondisi ini. Nah, jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi, sebaiknya cegah dan lakukan gaya hidup sehat untuk mengatasi kondisi ini.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap sepele. Bila Anda memiliki kondisi ini, minum obat saja tidak cukup untuk dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

Makanan yang Anda konsumsi juga berperan terhadap tekanan darah Anda. Pemilihan menu makan yang tepat sangat penting agar tekanan darah tidak melonjak.

BACA JUGA:Waspadai Ciri-ciri Ambeien Berdasarkan Jenisnya

Biasanya, makanan yang disarankan untuk pasien hipertensi merupakan makanan yang rendah natrium, lemak dan kolesterol, tapi tinggi akan serat, kalsium, kalium, dan protein.

Untuk lebih mudahnya, berikut daftar makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, lobak hijau, sawi, dan selada, mengandung kalium, magnesium, dan serat sehingga cocok sebagai makanan untuk pengidap darah tinggi.

Anda bisa mengonsumsi setengah cangkir sayuran hijau matang setiap harinya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Rekomendasi Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Redakan Gejala Asam Urat

Nah, pastikan Anda memilih sayuran segar, sebab sayuran dalam kaleng malah dapat memicu naiknya tekanan darah yang tentu tidak baik bagi kesehatan Anda.

2. Buah-buahan

Beberapa jenis buah dapat menurunkan tekanan darah sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Pilihan buah yang bisa Anda konsumsi meliputi pisang, buah bit, buah berry, alpukat, tomat, jeruk, dan semangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: