Sawah Terandam, Bukit Longsor, Mobil dan Kerbau Hanyut

Sawah Terandam, Bukit Longsor, Mobil dan Kerbau Hanyut

Seekor kerbau milik warga yang hanyut terbawa arus banjir-Ist-

LAHAT, PAGARALAMPOS.COM – Sejumlah bencana mulai menimpa Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten LAHAT, mulai dari banjir hingga tanah longsor.

Seperti yang terjadi Minggu 19 Februari 2023 lalu, hujan lebat yang mengguyur Merapi Selatan sebabkan sejumlah bencana di beberapa desa di Merapi Selatan. 

Bencana yang menimpa warga tersebut diantaranya, mulai dari longsor di Bukit Besak, rusaknya 50 hektar hamparan sawah di Desa Lubuk Pedare, Lubuk Betung, Tanjung Beringin dan Desa Padang, akibat oleh luapan air sungai. Hingga satu unit mobil di Desa Padang, dan satu ekor kerbau milik warga Desa Geramat, hanyut dibawa luapan Sungai Sehile.

“Mungkin karena hutan di hulu sudah banyak habis karena dibuka oleh perusahaan tambang batubara. Dampaknya kini mulai dirasa oleh masyarakat,” kata Edi, warga Merapi Selatan, Rabu 22 Februari 2023.

Sementara,  Kades Tanjung Beringin, Dirlan mengungkapkan, akibat hujan deras yang menerpa Merapi Selatan beberapa hari terakhir, jalur pendakian bukit besak ikut longsor sepanjang 300 meter. Material longsor tersebut lalu merusak kebun kopi milik warga.  

"Meski saat ini jalur pendakian masih bisa dilewati, untuk sementara waktu kita tutup dahulu. Jika cuaca sudah mendukung dan jalur aman baru kita buka lagi jalur pendakian," sampainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: