7 Obat Herbal untuk Mengatasi Penyakit Paru-Paru Obstruksi Kronis

7 Obat Herbal untuk Mengatasi Penyakit Paru-Paru Obstruksi Kronis

7 Obat Herbal untuk Mengatasi Penyakit Paru-Paru Obstruksi Kronis-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit paru-paru kronis, salah satu yang paling penting adalah berhenti merokok.

Penyakit paru-paru kronis dikenal sebagai penyakit paru-paru obstruksi kronik atau disingkat PPOK. 

Mengutip Doctor NDTV, penyakit paru-paru kronis membuat penderitanya mengalami kerusakan paru-paru dan saluran udara yang bertanggung jawab untuk membawa udara masuk dan keluar.

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan kondisi yang dapat terus berkembang dan tidak bisa sembuh. Pengobatan untuk PPOK bertujuan untuk menekan perkembangan penyakit, mencegah PPOK kambuh, dan menghindari munculnya komplikasi PPOK. Tak hanya obat medis, beberapa orang juga mengandalkan bahan alami atau herbal untuk meredakan gejala akibat penyakit paru-paru kronis ini. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan? Seberapa ampuh bahan herbal ini?

Apa saja obat herbal untuk penyakit paru-paru obstruktif kronis?

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, ini Bahaya Vape Bagi Kesehatan

Pengobatan PPOK umumnya didominasi dengan penggunaan bronkodilator dan kortikosteroid. Pengobatan tersebut dapat meningkatkan fungsi paru-paru, kualitas hidup, dan meredakan gejala PPOK. Namun, efek samping yang ditimbulkan akibat pengobatan itu sering kali membuat orang khawatir.

Atas latar belakang tersebut, banyak orang yang mencari pengobatan alternatif, seperti herbal, untuk mengendalikan penyakit paru-paru obstruktif kronis.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Queen’s University Belfast menunjukkan bahwa obat-obatan alami dan herbal, berkhasiat untuk mengendalikan penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK). Penelitian tersebut juga mengklaim bahwa bahan-bahan ini tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Dirangkum dari berbagai jurnal, berikut ini adalah obat-obatan herbal yang dapat membantu Anda hidup dengan penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK):

BACA JUGA:Kamu Sering Alami Sakit Kepala Berkepanjangan? ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Kurkumin

Kurkumin adalah herbal yang ditemukan dalam kunyit, bumbu yang biasanya digunakan dalam berbagai masakan, termasuk masakan Indonesia. Kurkumin bermanfaat sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Kurkumin dalam dosis rendah juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Carcinogenesis menyatakan bahwa kurkumin dapat digunakan sebagai obat herbal untuk perokok atau mantan perokok yang mengidap atau ingin mencegah penyakit paru-paru obstruktif kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: