Kamu Harus Tau Bahaya Tidur Sambil Menggunakan Soflens

Kamu Harus Tau Bahaya Tidur Sambil Menggunakan Soflens

Kamu Harus Tau Bahaya Tidur Sambil Menggunakan Soflens-Foto: Ist-

Bahaya terlalu lama memakai lensa kontak (softlens), terlebih saat tidur, ternyata bukan hanya sekedar menyebabkan mata merah saja.

BACA JUGA:Cegah Bau Badan Tak Sedap yang Buat Kamu Minder di Tempat Umum

Gesekan antara lensa kontak dengan permukaan mata dapat melukai mata dan rentan terinfeksi oleh bakteri atau parasit.

Salah satunya yakni bakteri Acanthamoeba yang dapat masuk ke dalam mata dan menyebabkan keratitis, yakni kondisi ditandai dengan ulkus atau luka terbuka pada lapisan kornea.

Jika tidak segera diobati, hal ini dapat meningkatkan risiko kebutaan permanen, bahkan sampai membutuhkan operasi cangkok kornea untuk mengobatinya.

Gejala awal luka pada mata meliputi mata merah, pandangan kabur, dan sakit mata. Bila Anda mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter mata terdekat untuk mencegahnya semakin parah.

5. Benjolan pada mata

Giant papillary conjunctivities (GPC) adalah kondisi yang umum ditemukan pada orang yang memiliki kebiasaan tidur memakai lensa kontak.

BACA JUGA:3 Bahan ini Bisa Bantu Kamu Hilangkan Flek Hitam di Hidung

Hal ini ditandai dengan munculnya benjolan di dalam kelopak mata bagian atas dan membuat Anda tidak bisa lagi memakai lensa kontak.

Hal yang harus segera dilakukan saat tidur pakai softlens

Jangan tunda untuk melakukan tindakan berikut saat ingat kalau Anda masih pakai softlens ketika tidur.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat tak sengaja tidur pakai softlens atau lensa kontak adalah melepaskannya sesegera mungkin.

Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk membantu melembapkan mata Anda yang mungkin mengalami iritasi akibat softlens.

Setelah itu, sebaiknya hindari menggunakan lensa kontak pada hari berikutnya. Sebaiknya ganti dengan kacamata sementara waktu untuk menenangkan kornea mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: