Optimalkan TJSL, HK Salurkan Beasiswa Perguruan Tinggi

Optimalkan TJSL, HK Salurkan Beasiswa Perguruan Tinggi

--

PADANG, PAGARALAMPOS.COM - Sebagai bentuk apresiasi perusahaan atas dukungan TNI dan Polri dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mengoptimalkan Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) HK Peduli Pendidikan dengan menyalurkan beasiswa perguruan tinggi senilai total puluhan juta rupiah bagi 15 putra dan putri prajurit TNI dan Polri yang berprestasi, utamanya yang berada di ruas Padang - Sicincin.

Bertempat di Kantor Proyek Tol Padang - Sicincin, beasiswa pendidikan diberikan secara simbolis oleh Kepala Unit TJSL Hutama Karya Agus Kosasih kepada kepada 6 (enam) perwakilan putra putri atas nama Aulia Ramadhan, Aziz Anugrah Farios, Della Delviana Effendi, Astha Varan Akhmad dan Muhammad Abi Dzar Ar-Rahman dan Winda Liska yang berasal dari anggota TNI AD, TNI AL dan Polda Sumatra Barat pada hari ini, Rabu 15 Februari 2023 lalu. Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Project Director Ruas Jalan Tol Padang – Sicincin Sri Hastuti Hardiningsih.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa beasiswa pendidikan perguruan tinggi ini merupakan salah satu program kolaborasi TJSL BUMN yang diselenggarakan serentak pada beberapa wilayah di Indonesia.

“HK Peduli Lingkungan hadir di seluruh Indonesia terutama diberikan kepada anak-anak sekolah berprestasi yang berada di sekitar proyek-proyek Hutama Karya. Di Sumatra Barat sendiri saat ini, Hutama Karya sedang membangun dan menyelesaikan JTTS ruas Padang – Sicincin, dan beasiswa kita salurkan untuk putra puti prajurit TNI dan Polri,” ujar Tjahjo.

BACA JUGA:Tepat Sasaran, Pupuk Indonesia Gandeng KP3 Dalam Melakukan Penyaluran

Lebih lanjut Tjahjo menambahkan bahwa penerima beasiswa terpilih ini sudah disaring melalui seleksi sesuai dengan kriteria penerima dan memiliki prestasi membanggakan baik akademik maupun non akademik seperti atlet olahraga tingkat universitas di Sumbar serta beberapa lomba akademik tingkat universitas di wilayah Sumbar. Penerima beasiswa juga dipastikan berasal dari universitas negeri maupun swasta yang berada di sekitar Sumatra Barat.

“Harapan kami, program ini dapat meningkatkan motivasi belajar penerima beasiswa serta sinergitas antara Hutama Karya dan TNI – Polri di Sumatra Barat,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Kapten CKM - Paur Infokes Rumkit TK.III 01.06.01 Padang, Andi Riawan selaku perwakilan orang tua penerima beasiswa, memberikan apresiasi kepada Hutama Karya atas program HK Peduli Pendidikan.

“Program ini sangat positif dan bermanfaat kedepannya untuk kelancaran pendidikan anak kami. Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut, tidak hanya di Sumbar namun dapat diimplementasikan di ruas-ruas tol lainnya,” ujar Andi Riawan.

BACA JUGA:Beratnya Perjuangan Petugas Pantarlih Banyuasin, Harus Merangkak di Lantai Jembatan

Program TJSL HK Peduli Pendidikan sejalan dengan arahan pemegang saham. Mengutip dari penyampaian Menteri BUMN ke media pada 29 Januari 2023 lalu, Erick Thohir menekankan bahwa Program TJSL di BUMN harus difokuskan pada sektor pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup.

“Ini termasuk pemerataan pendidikan berkualitas agar anak-anak Indonesia mendapat kemudahan dan akses ilmu pengetahuan serta teknologi,” ujar Erick.

Sebagai catatan, Hutama Karya telah berperan aktif dalam program dukungan pendidikan sejak tahun 2020. Hingga saat ini ratusan ratusan putra - putri TNI dan Polri di Sumatra telah merasakan manfaat program HK Peduli Pendidikan dalam mendukung kegiatan belajar mereka. Seluruh rangkaian serah terima dukungan pendidikan perguruan tinggi bagi putra putri TNI dan Polri yang dilakukan oleh Hutama Karya ini telah mengacu pada ISO 26000 sekaligus Sustainable Development Goal (SDGs) No.4 tentang Pendidikan berkualitas.

Pembangunan Ruas Jalan Tol Padang - Sicincin dengan panjang 36,6 km, sudah mencapai 83,96% pada proses pembebasan lahan dan 30,81% pada pembangunan konstruksi. Ruas tol ini ditargetkan rampung pada tahun 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: