Ketahui Manfaat Retinol Dalam Skincare dan Cara Penggunaanya

Ketahui Manfaat Retinol Dalam Skincare dan Cara Penggunaanya

Ketahui Manfaat Retinol Dalam Skincare dan Cara Penggunaanya-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Retinol adalah bentuk vitamin A yang dipakai dalam prosedur perawatan kulit. Manfaatnya, yakni membantu mengatasi jerawat, menyamarkan noda bekas jerawat, dan mengecilkan pori-pori.

Bentuk vitamin A ini terkandung dalam skincare atau produk perawatan kulit. Terdiri dari beberapa varian, seperti krim, gel, losion, salep, dan serum. Selain skincare, retinol juga kerap dipakai dalam produk kosmetik.

Kandungannya bekerja dengan meningkatkan produksi sel kulit (proliferasi), mengelupas kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Manfaat lainnya, yakni menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

Adanya kandungan retinol dalam produk perawatan kulit berfungsi untuk memperbaiki penampilan wajah. Beberapa manfaatnya, termasuk:

BACA JUGA:Pengendara Lambaikan ‘Peace’ di Depan Kamera ETLE , Langsung Dijawab: ‘Ditunggu Surat Cintanya Ya Dek’

1. Mencegah jerawat

Jerawat adalah gangguan umum yang biasanya terjadi akibat fluktuasi hormon dalam tubuh. Ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak, ini dapat memicu peradangan. Dalam menangkal jerawat, retinol bekerja dengan mencegah tersumbatnya pori-pori wajah. 

2. Menyamarkan bekas jerawat

Bekas jerawat umumnya ditandai dengan warna kehitaman atau kemerahan. Bekas peradangan ini membuat warna kulit jadi tidak merata. Retinol bekerja dengan meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru, sehingga bekas jerawat cepat memudar.

3. Menghilangkan bintik hitam

Bintik hitam atau hiperpigmentasi adalah kondisi yang dipicu oleh kerusakan akibat paparan sinar matahari pada kulit. Gejalanya dapat berupa bintik-bintik coklat terang hingga gelap di area wajah, tangan, leher, atau lengan.

BACA JUGA:Pengendara Lambaikan ‘Peace’ di Depan Kamera ETLE , Langsung Dijawab: ‘Ditunggu Surat Cintanya Ya Dek’

Bintik hitam terjadi akibat penumpukan melanin, yakni pigmen pemberi warna pada kulit. Kondisi ini juga disebut dengan bintik matahari, bintik usia, dan bintik hati. Meski tak menimbulkan rasa sakit, gangguan bisa menurunkan estetika penampilan.

Cara kerja retinol dalam menghilangkan bintik hitam sama dengan bekas jerawat. Dengan meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru, bercak di kulit bisa memudar secara perlahan seiring waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: