Minat ke Indonesia Tinggi, Menparekraf Optimistis Target Kunjungan Wisman Tercapai

Minat ke Indonesia Tinggi, Menparekraf Optimistis Target Kunjungan Wisman Tercapai

---kemenparekraf.go.id -kemenparekraf.go.id

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan sejumlah arahan Presiden Joko Widodo, salah satunya target wisatawan mancanegara (wisman)san wisatawan nusantara (wisnus) harus tercapai, serta penambahan jumlah penerbangan dan terkait ketersedian kursi. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini yang antara 1,8 juta hingga 3,6 juta wisatawan dapat tercapai.

Optimisme ini sejalan dengan terus meningkatnya minat dan kepercayaan wisman terhadap Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menparekraf dalam the Weekly Brief with Sandi Uno, yang diakses di kanal YouTube Kemenparekraf, Selasa (11/10/2022). 

BACA JUGA:ATF 2023 sepakati kolaborasi penguatan strategi pariwisata di ASEAN

Berdasarkan arahan Presiden dalam RPJMN 2020-2024 dapat segera dituntaskan sebelum masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo berakhir.

Menparekraf Sandiaga dalam Rapat Koordinasi Program Kerja Tahun 2023-2024 K/L dan Pelaksanaan IKU Strategis Nasional, Proyek Strategis Nasional, Janji Presiden, Major Project, SDGS, dan Direktif Presiden yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (8/2/2023) mengatakan salah satu yang menjadi fokus pengembangan yang harus segera dituntaskan adalah lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Sebagai contoh Likupang yang masih terkendala di lahan hingga infrastruktur seperti ketersediaan air bersih.

Kemenparekraf akan memperkuat kolaborasi dan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk bisa mempercepat pembangunan dan menyelesaikan kendala yang masih ditemui di lapangan.

BACA JUGA:Penyebab Bengkak pada Ginjal dan Cara Mengatasinya

"Semua yang berkaitan dengan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas kita targetkan untuk rampung di akhir tahun 2023 atau pertengahan tahun 2024," kata Menparekraf Sandiaga.

Target kinerja lainnya yang perlu dicapai adalah pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,4 miliar di tahun 2023. Ini adalah target yang terbilang cukup besar.

Menparekrat memerlukan data berbasis mobile positioning yang dapat menghitung jumlah pergerakan wisatawan secara absolut.

Sementara untuk wisatawan mancanegara, Menparekraf akan mengeluarkan data riil tiap bulannya. Sehingga kunjungan wisman bisa dipantau tiap bulannya. Hingga mencapai target batas atas sebesar 7,4 juta pergerakkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id