6 Langkah Pemeriksaan Awal Deteksi Kanker Payudara

6 Langkah Pemeriksaan Awal Deteksi Kanker Payudara

6 Langkah Pemeriksaan Awal Deteksi Kanker Payudara-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menyerang organ payudara, dimana sel dalam payudara membelah dan tumbuh diluar kendali. 

Kanker ini merupakan salah alah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh masyarakat, khususnya wanita. Wanita beresiko besar terkena kanker payudara, akan tetapi tidak menghilangkan kemungkinan bahwa pria juga dapat terserang kanker payudara.

Kanker payudara sulit untuk disembuhkan dan kemungkinan penderita untuk sembuh sangat kecil, sehingga wajar jika kanker payudara ditakuti oleh masyarakat. 

Meskipun demikian tidak berarti bahwa kanker payudara tidak dapat disembuhkan sama sekali. Jumlah penderita kanker bertambah setiap tahunnya dan angka prevalensi kanker pada setiap gender berbeda.

BACA JUGA:Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif Untuk Cegah Gangguan Ginjal Akut Pada Anak

Selain memeriksakannya pada dokter, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan pada payudara secara mandiri untuk mendeteksi kanker sedini mungkin. Lantas, apa saja pemeriksaan yang dapat dilakukan?

Jenis pemeriksaan kanker payudara

Kanker payudara terjadi saat sel-sel abnormal tumbuh secara tidak terkendali di dalam payudara.

Beberapa kasus kanker menunjukkan bahwa seseorang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Oleh karena itu, pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahuinya.

Berikut pemeriksaan kanker payudara yang dapat Anda lakukan.

BACA JUGA:Kemenkes Ambil Kebijakan Antisipatif Untuk Cegah Gangguan Ginjal Pada Anak

1. Periksa payudara sendiri (SADARI)

Deteksi kanker payudara sejak dini penting untuk dilakukan karena semakin cepat sel kanker ditemukan, semakin besar pula potensi kesembuhan.

Deteksi dini ini dapat Anda lakukan dengan periksa payudara sendiri (SADARI). Cara ini dilakukan untuk mengetahui ada-tidaknya benjolan atau keanehan fisik pada payudara sebagai gejala kanker payudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: