Seleksi Petugas Haji Secara Transparan

Seleksi Petugas Haji Secara Transparan

Peserta seleksi tes calon petugas haji tahun 1444H/2023 M, antusias mengikuti tahapan tes dengan sistem CAT. -Madhon-Pagaralampos.com

PALEMBANG, PAGARALAMPOS – Persiapan demi persiapan menyambut musim haji tahun 2023, salah satunya penyeleksian calon petugas haji.
Ada sebanyak 88 peserta yang lulus tahap 1, lanjut seleksi tahap 2 di Pusat Informasi Haji (PIH) Palembang, kemarin
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel, Syafitri Irwan, menegaskan, pihaknya melakukan rekrutmen calon petugas haji dengan seprofesional mungkin menggunakan sistem CAT.
“Seleksi diawasi langsung oleh tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI,” katanya, kemarin.
BACA JUGA:Tips Perawatan Keratin dan Kenali Manfaatnya Bagi Rambut
Ia berharap dengan serangkaian seleksi bisa mendapatkan petugas haji yang betul-betul profesional dan dapat memberikan pelayanan maupun kenyamanan bagi para jemaah dalam melaksanakan ibadah haji. Dimulai dari proses pemberangkatan, perjalanan, pelaksanaan ibadah, sampai jemaah pulang kembali ke Tanah Air.
“Ini merupakan proses penyelenggaraan haji untuk mendapatkan petugas yang profesional, loyal, dan punya komitmen membantu dan membina jemaah,” imbuhnya.
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, H Armet Dachil menambahkan hasil seleksi kemarin, diumumkan Rabu (1/2) untuk petugas kloter.
Sementara petugas non kloter atau PPIH Arab Saudi, hasilnya akan disampaikan ke pusat untuk diusulkan menjadi petugas.
“Pola seleksi dengan CAT merupakan inovasi pelaksanaan seleksi dan upaya menciptakan standarisasi seleksi guna mewujudkan sistem yang transparan, objektif dan akuntabel,” katanya.
Diketahui, 88 peserta seleksi calon petugas haji yang lulus tahap 1, meliputi 32 Ketua Kloter, 32 Pembimbing Ibadah, 10 Akomodasi, 4 Transportasi, 2 Siskohat, dan 2 Bimbingan Ibadah. 
Semua peserta mengikuti tes tahap 2 dengan sistem CAT kali kedua, baca tulis Al Quran, tes wawancara. “Bagi yang lulus seleksi tahap 2 akan diberikan pembekalan lebih lanjut terkait pelayanan jemaah haji sebelum benar-benar menjadi petugas haji,” pungkasnya. ()
 
Berita ini sudah terbit di harian Sumeks dengan judul Seleksi Petugas Haji Secara Transparan
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: