Sriwijaya Kerajaan Maritim, Palembang Dulunya Dikelilingi Rawa dan Air, Ini Faktanya!

Sriwijaya Kerajaan Maritim, Palembang Dulunya Dikelilingi Rawa dan Air, Ini Faktanya!

Mau Tahu Keturunan Kerajaan Sriwijaya? Yuk Simak Ini Penjelasanya--

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Dalam Sejarah PALEMBANG yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu.

Bernama Kerajaan Sriwijaya, yang katanya mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9.

Sehingga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.

BACA JUGA:Kok Bisa Fakta Gunung Padang Ini Tarik Perhatian Arkeolog Dunia! Ada APa?

Berdasarkan informasi data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan, pada tahun 1990 lalu, wilayah Kota Palembang 50 persennya tergenang oleh air rawa.

Sebelum menjadi daerah metropolitan, Ibukota Provinsi Sumatera Selatan, Kota Palembang ternyata dikelilingi air yang berasal dari anak sungai dan rawa.

Kota Palembang sendiri dikelilingi beberapa kabupaten di Sumatera Selatan. Kabupaten yang mengelilingi perbatasan Kota Palembang tersebut, dikenal memiliki kekayaan alam melimpah.

BACA JUGA:Ternyata Raja Ini Yang Disegani Gajah Mada, Sehingga Kerajaannya Ratusan Tahun Tak Mampu Ditaklukkan Majapahit

Disisi Utara, Timur dan Barat, Palembang berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin. Sedangkan, disebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Muara Enim.

Secara geografis, Kota Palembang terletak pada 2°59′27.99″LS 104°45′24.24″BT.

Luas wilayah Kota Palembang yakni 400,61 km persegi dengan ketinggian rata-rata berada pada 8 meter dari permukaan laut (mdpl), dan dihuni lebih dari 1,6 juta jiwa penduduk pada tahun 2021.

Tak hanya itu, saat ini Kota Palembang juga  menjadi daerah terpadat serta terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

BACA JUGA: 5 Tradisi Masyarakat Sumsel Peninggalan Sriwijaya, No 1 Mirip Alat Montir Tapi Bukan!

Letak Kota Palembang terbilang cukup strategis, bahkan titik 0 koordinat Provinsi Sumatera Selatan berada di pusat jantung Kota Pempek tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: