Waduh! kok Bisa Sih Darah Haid Berwarna Hitam? Simak 9 Penyebabnya Disini

Waduh! kok Bisa Sih Darah Haid Berwarna Hitam? Simak 9 Penyebabnya Disini

Waduh! kok Bisa Sih Darah Haid Berwarna Hitam? Simak 9 Penyebabnya Disini-Foto: ist-

Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita, warna darah yang keluar sepanjang siklus menstruasi memang sangat beragam.

“Darah haid warna hitam bisa terjadi karena darah cukup lama berada di dalam rahim. biasanya karena sudah menjelang akhir masa haid, maka darah yang keluar berwarna hitam,” jelasnya.

Semakin lama waktu yang dibutuhkan darah untuk keluar dari tubuh, maka semakin banyak waktu darah teroksidasi, sehingga berubah warna menjadi hitam. Kamu tidak perlu cemas, menurut Dokter There, kondisi ini normal dan tidak berbahaya bagi tubuh, kok!

BACA JUGA:Penuh Misteri! Gunung Lawu Miliki Tempat Keramat, Salahsatunya Terdapat Makam

4.  Rahim Tidak Berkontraksi dengan Baik

Dikutip dari Cleveland Clinic, darah haid berwarna hitam dan menggumpal bisa disebabkan oleh rahim yang tidak bekerja dengan benar.

Ketika rahim tidak berkontraksi dengan baik dan mengeluarkan darah dengan cepat, hal ini bisa menyebabkan terbentuknya gumpalan.

5. Vagina Tersumbat 

Keluarnya darah hitam bisa juga sebagai tanda adanya penyumbatan di vagina. Benda-benda yang mungkin menyumbat vagina, di antaranya adalah alat kontrasepsi seperti tutup serviks atau cincin, kondom, mainan seks, atau bahkan tampon.

Barang-barang yang menyumbat, lama-kelamaan bisa mengiritasi lapisan vagina dan memicu terjadinya infeksi. Hal ini bisa menyebabkan darah yang keluar berwarna hitam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: