BNN RI dengan Lion Air Group Sharing Pengalaman dan Ilmu Audit Investigasi

BNN RI dengan Lion Air Group Sharing Pengalaman dan Ilmu Audit Investigasi

BNN RI-LION AIR Group peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia melalui kegiatan Sharing Knowledge Audit Investigasi dan Pengendalian Internal-Foto: ist-bnn.go.id

PAGARALAMPOS, BANTEN - Dalam meningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia, Inspektorat Utama Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) bekerjasama dengan Lion Air Group melalui kegiatan Sharing Knowledge Audit Investigasi dan Pengendalian Internal.

Sebagai sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang perhubungan, Lion Air Group merupakan stakeholder serta mitra penting bagi BNN dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Hal itu disampaikan Inspektur Wilayah I, Drs. Ahmad Alwi, M.M., CFrA, saat mewakili Inspektur Utama BNN RI pada pembukaan Sharing Knowledge Audit Investigasi dan Pengendalian Internal, yang bertempat di Auditorium Lion Operation Center, B Floor J I, Marsekal Suryadhama, Tangerang, Banten, pada Selasa (10/1/2023).

BACA JUGA:Mengejutkan! Ratusan Pelajar di Ponorogo Hamil di Luar Nikah

Dalam sambutannya, Drs. Ahmad Alwi Mengatakan adanya Kerjasama ini menjadi bukti nyata kepedulian Lion Air Group terhadap permasalahan Narkoba serta menjadi pintu kerjasama yang lebih luas bagi kedua pihak.

”Sharing Knowledge Audit Investigasi dan Pengendalian Internal pada pegawai Lion Group merupakan wadah bagi Inspektorat Utama BNN untuk membagi pengalaman dalam membangun Sistem Pengendalian Internal di lingkungan BNN, yang sangat diperlukan”, imbuh Drs. Ahmad Alwi.

Lebih lanjut Drs. Ahmad Alwi menambahkan sistem pengendalian dan pengawasan internal yang selaras dengan tujuan organisasi sangat diperlukan agar kegiatan pengawasan dapat memberikan nilai tambah juga perbaikan pada area tata kelola serta manajemen risiko.

BACA JUGA:Digitalisasi, Masyarakat Rimba Candi Tetap Gunakan UHF

Menurutnya salah satu instrument yang dibutuhkan dalam pengendalian dan pengawasan internal ialah melaui audit investigasi, yang jika tidak dilaksanakan secara spesifik atau terdapat kelemahan tata kelola dapat mengakibatkan kerugian finansial organisasi.

“Sasaran audit investigasi adalah kegiatan yang di dalamnya diduga terjadi penyimpangan dari peraturan yang berlaku dengan ruang lingkup lokus, tempus, dan hal-hal lain yang relevan dengan kegiatan yang menjadi sasaran audit investigasi”, ujar Drs. Ahmad Alwi.

Sementara itu, Predisen Direktur Lion Air Group, Kapten Daniel Putut Kuncoro Adi, menyakini bahwa BNN memiliki sisi keilmuan dan pengalaman yang dapat diaplikasikan dalam tubuh organisasi Lion Air Group. Pihaknya berharap bisa berbagi pengetahuan khususnya dibidang penyelidikan dan instrument kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA:Tragis, Satu Rumah Diduga Alami Keracunan

“Kami juga melihat tujuan mulia BNN dalam menanggulangi permasalahan Narkoba yang dapat merusak generasi penerus bangsa. Tujuan mulia tersebut telah kami dukung sejak Lion Air Group pertama kali berdiri hingga saat ini dan seterusnya”, tegas Kapten Daniel.

Sharing Knowledge Audit Investigasi dan Pengendalian Internal ini akan berlangsung hingga 16 Januari 2023 mendatang. Pembukaan dihadiri oleh 62 peserta dan tamu undangan. 42 diantaranya berasal dari internal Lion Air Group dan 20 lainnya berasal dari BNN RI.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnn.go.id