Antisipasi Keracunan Makanan Nitogen, Dinkes Pagar Alam Ingatkan Orang Tua Masalah Makanan

Antisipasi Keracunan Makanan Nitogen, Dinkes Pagar Alam Ingatkan Orang Tua Masalah Makanan

Foto : Tangkapan Layar Chiky Ngebul : Tampilan makanan yang mengandung nitrogen cair (Chiky ngebul)--

PAGAR ALAM, PAGARALAM POS.COM  - Pasca menerima laporan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa Barat, terkait makanan berasap yang mengandung nitrogen cair (chiki ngebul), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya mengeluarkan Surat Edaran.

Di Tasikmalaya, beberapa anak SD mengalami keracunan setelah mengonsumsi cemilan tersebut.

Oleh sebab itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Pagar Alam, Desi Elviani SE MM. Mengimbau kepada orang tua agar lebih diperhatikan lagi masalah makanan kepada anak.

"Orang tua perlu meningkatkan kepedulian terkait apa saja yang dikonsumsi anak di luar rumah. Mengedukasi anak-anak untuk jajanan yang sehat, diolah dengan benar dan higienis" ucapnya, saat dibincangi warta ini pada Selasa, 10 Januari 2023.

BACA JUGA:Beberapa Gunung Api di Indonesia Erupsi, Gunung Dempo Pagar Alam Aman

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk di kota Pagaralam sendiri belum ada kasus anak yang keracunan makanan chiky ngebul ini.

"Alhamdulillah untuk di kota Pagaralam belum ada kasus yang dimaksud, semoga orang tua tetap menerapkan makanan pola hidup sehat dengan tidak asal memberi makanan kepada anak-anak" tambahnya.

Adapun ciri-ciri yang dialami jika terjadi keracunan setelah mengonsumsi chiky ngebul tersebut di antaranya mual-mual hingga muntah.

Biasanya jajanan seperti ini hanya dapat ditemui pada saat berada di pasar malam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: