Pemerintah Resmi Menaikan Insentif Kartu Prakerja di 2023 Jadi Rp4,2 Juta Perorang

Pemerintah Resmi Menaikan Insentif Kartu Prakerja di 2023 Jadi Rp4,2 Juta Perorang

Laman Login dan Daftar Prakerja-Tangkapan Layar-Prakerja.go.id

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Pada awal tahun 2023 pemerintah menaikkan insentif Kartu Prakerja sebesar Rp 4,2 juta perorang, dibandingkan tahun lalu angka itu lebih besar,yakni Rp 3,55 juta.

Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan, program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada bantuan peningkatan kemampuan dan produktivitas angkatan kerja.

Melansir Disway.id, bantuan tersebut berupa biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pasca pelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, upskilling.

"Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19," kata Airlangga dalam keterangannya, Selasa 3 Januari 2023.

BACA JUGA:Begini Motif Penculikan MA, Bocah 6 Tahun Yang Hilang Hampir Satu Bulan

Dengan pelaksanaan skema normal itu, pemerintah turut menyesuaikan besaran bantuan yang diterima peserta menjadi senilai Rp 4,2 juta per individu. 

Rincian berupa bantuan biaya pelatihan Rp 3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Terdiri dari biaya pelatihan Rp1 juta, insentif setelah pelatihan Rp 2,4 juta yang diberikan sebanyak empat kali selama empat bulan (Rp 600 ribu per bulan), dan insentif survei Rp 150 ribu.

"Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp 5 triliun dengan target 1,5 juta orang," ujarnya.

BACA JUGA:Pagar Alam Pos Gelar Rapat Akhir Tahun, Beri Reward Motivasi Pegawai

Selain itu, Airlangga juga mengungkapkan, pendaftaran Kartu Prakerja akan diimplementasi secara online, offline, maupun bauran, serta memungkinkan bagi penerima bantuan sosial dari kementerian/lembaga lainnya seperti Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) untuk dapat menerima manfaat dari Program Kartu Prakerja.

Berikut Cara pendaftaran kartu prakerja

- Pendaftaran kartu prakerja biasanyadilakukan lewat web prakerja.go.id.

- Buka situs prakerja.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: