Irigasi Patah Sepanjang 30 Meter, Lahan Persawahan Masyarakat Terancam Kekeringan

Irigasi Patah Sepanjang 30 Meter, Lahan Persawahan Masyarakat Terancam Kekeringan

Warga Bergotong Royong Memperbaiki aliran irigasi yang patah dengan alat seadanya-Edi-Pagaralampos.com

PAGAR ALAM,PAGARALAMPOS.COM – Puluhan hektar sawah masyarakat yang berlokasi di dataran Keban Agung, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagar Alam Selatan terancam kekeringan

Hal ini disebabkan oleh irigasi Siring Agung di RT 05 RW 02 Keban Agung patah sepanjang 15 meter. 

Hadi Bonis, Ketua RT 05 ketika dikonfirmasi membenarkan jika irigasi yang mengaliri persawahan masyarakat di dataran Keban Agung tersebut patah.

Patahnya irigasi ini diketahui masyarakat setelah air tidak lagi mengalir ke lahan persawahan yang ada.

BACA JUGA:Dukung Program Ketahan Pangan, Polsek Pagar Alam Utara Tebar 4000 Bibit Ikan

“Akibat dari patahnya irigasi Siring Agung ini, puluhan sawah milik masyarakat di ataran Keban Agung ini terancam kekeringan. Betapa tidak, pasalnya, irigasi yang patah ini adalah satu-satunya andalan warga untuk mengalirkan air ke lahan persawahan,” jelasnya. 

Karena itu lanjut Hadi, masyarakat berinisiatif secara bergotong royong untuk melakukan perbaikan sementara irigasi yang patah tersebut.

Dengan menggunakan karung berisi pasir dan material lainnya, supaya lahan persawahan masyarakat kembali bisa mendapatkan pasokan air.

“Sebab, jika ini tidak segera diatasi, tentunya masyarakat akan merugi, karena gagal panen akibat lahan sawah kekeringan. Oleh sebab itu, diharapkan kepada pemerintah dan dinas terkait, agar kiranya dapat memperbaiki irigasi yang patah tersebut,” harapnya.

BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan, PTPN VII Atur Jadwal Pemetikan Teh

Sementara Lurah Ulu Rurah Subandi SE mengatakan, memang benar irigasi diwilayahnya ada yang patah, yaitu di RT 05 RW 02. Pihaknya sudah mendapat laporan dari pak RT setempat terkait irigasi patah tersebut.

“Mendapati laporan ini, kita akan mengecek langsung ke lokasi sekaligus akan melaporkan hal ini ke pihak kecamatan serta pihak terkait, dengan harapan kerusakan irigasi ini bisa cepat diperbaiki. 

Mengingat irigasi ini sangat penting untuk masyarakat banyak, terutama yang mempunyai lahan persawahan di ataran keban agung yang dimaksud,” ungkapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: