Tingkatkan Efisiensi, Susun RAPBD Berbasis Kinerja

Tingkatkan Efisiensi, Susun RAPBD Berbasis Kinerja

PANDANGAN UMUM: Sekretaris Fraksi NasDem DPRD Kota Pagaralam Eri Marten sampaikan pandangan umum Fraksi NasDem, pada pembukaan Rapat Paripurna XII Sidang ke-I DPRD Kota Pagaralam. -Foto: Ist/Pagaralam Pos-

Fraksi NasDem DPRD Kota Pagaralam memberikan catatan dan saran kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, terlebih setelah mencermati dan memperhatikan pidato Walikota Pagaralam, pada pembukaan Rapat Paripurna XII Sidang ke-I DPRD Kota Pagaralam tanggal 7 November 2022.

“Hasil pembahasan Fraksi NasDem DPRD Kota Pagaralam terhadap nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanjar Daerah (RAPBD) tahun 2-23, kita memberikan berupa catatan dan saran kepada Pemkot Pagaralam,” ujar Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Pagaralam, Darmawi SH melalui Sekretaris Eri Marten SKom.

Dikatakan Eri, Fraksi NasDem berharap rancangan APBD ini, disusun dengan berbasis pada kinerja, secara prinsip anggaran berbasis kinerja adalah anggaran, yang menghubungkan anggaran daerah (pengeluaran daerah), dengan hasil yang diinginkan (output dan outcome), sehingga setiap rupiah yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan kemanfaatannya.

“Anggaran berbasis kinerja merupakan sistem penganggaran, berorientasi pada output organisasi dan berkaitan sangat erat, dengan visi misi dan rencana strategis daerah. Pengukuran kinerja secara berkelanjutan, akan memberikan umpan balik, sehingga upaya perbaikan secara terus menerus akan mencapai keberhasilan di masa mendatang,” jelasnya.

BACA JUGA:Wako Buka Seminar Pendidikan HUT PGRI ke – 77 dan HGN Tahun 2022

Menanggapi hal ini, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH menyambuk baik, apa yang menjadi harapan dari Fraksi NasDem mengenai anggaran berbasis kinerja. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemkot Pagaralam, yang terus berusaha mengevaluasi kinerja penyusunan anggaran berbasis kinerja.

BACA JUGA:Dinkes Gelar Sunat Massal dan Donor Darah

“Ini bertujuan untuk dapat meningkatkan efisiensi pengalokasian sumber daya dan efektivitas pengunaannya, sumberdaya sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah, sehingga dengan adanya anggaran berbasis kinerja tersebut, diharapkan anggaran dapat digunakan secara optimal,” tandasnya. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: