Pola Hidup sehat dan seimbang dengan kebiasaan kecil

Pola Hidup sehat dan seimbang dengan kebiasaan kecil

pola hidup sehat dan seimbang -tangkapan layar -Net

 

PAGARALAMPOS.CO - Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan seimbang, tanpa kita sadari bahwa kita dapat melakukannya dengan kebiasaan kecil dikehidupan sehari-hari. 

Kebiasaan-kebiasaan kecil yang harus kita lakukan yaitu:

Pertama adalah bersyukur , kapan kita bersyukur adalah dimana kita sedang melaksanakan hidup sehat dan seimbang. Jadi kita bisa memulai hari kita dengan bersyukur, dan 

bagaimana caranya? kita bisa memanjatkan doa dan berterimakasih kepada tuhan yang maha esa, karena kita masih diberi nikmat  kesehatan dan bernafas pada hari ini. 

BACA JUGA:Promosikan Potensi Sumber Daya Alam dan Pariwisata Pagaralam, Dinas Pariwisata Sabet Juara III Stand Terbaik

Kita masih bisa tersenyum dan berkumpul dengan keluarga dalam suasana yang bahagia. Setiap kali mengawali hari banyak orang yang lupa bersyukur, mereka hanya mengingat handphone, bahkan mereka sering lupa mengucapkan selamat pagi kepada keluarga mereka. 

Yang mereka lakukan tak lain hanya mengambil handphone dan melihat cerita sosial orang lain. Jika kita selalu melakuakan hal yang seperti itu, maka mood kita akan terasa tidak baik di sepanjang hari. Lalu kita bisa bersyukur tanpa kita 

BACA JUGA:Asah Kemampuan Siswa dengan Praktik

melihat sesuatau yang membuat mood kita tidak baik, seperti merlihat cerita sosial orang lain.

Terkadang banyak orang yang baru mau bersyukur ketika merek mendapatkan kenaikan gaji, kenaikan pangkat, kelulusan uijan, dapat rezeki. 

Namun ketika mereka mendapatkan maslah, mereka lupa bersyukur. Bahkan ketika mereka mendapatkan masalah, mereka malah menyalahkan orang laiin. Dengan hal seperti itu mereka lupa untuk bersyukur. 

Ketika kita sedang sakit maka kita hatus tetap bersukur, justru sakit ini adalah teguran untuk kita.

BACA JUGA:Sumsel Segera Miliki Sirkuit Bertaraf Internasional

Dengan itu akan membuat kita berpikir kenapa kita sakit, mungkin kita kurang istirahat, makan makanan tidak sehat, terlalu sibuk bekerja. Jadi cobalah untuk tetap bersyukur, kenapa kita bisa sakit.

Kebiasaan yang kedua adalah mengkonsumsi air putih yang cukup, air putih yang harus kita konsumsi adalah air yang mengandung mineral , karena tubuh kita sebagai manusi 70% adalah cairan. Sehingga air sangat penting bagi metabolisme didalam tubuh kita.

BACA JUGA:Alpian Maskoni Resmi Nahkodai IMI Provinsi Sumsel

Air juga berperan untuk sirkulasi darah. Kita bisa merasakan jika tubuh kita dehidrasi atau kekurangan cairan maka sirkulasi didalam tubuh kita akan terbebani  dan jantung kita akan bekerja lebih berat.

Dan jika tubuh kita kekurangan cairan, maka kita akan mengalami demam karena cairan berfungsi untuk membantu dalam mengontrol suhu tubuh kita. 

Air juga berperan penting dalam membantu proses detoksifikasi.

BACA JUGA:Bantu Pemerintah Promosi Wisata

Karena tubuh kita mengeluarkan racun melalui buang air besar, melalui pernapasan, melalui air seni, dan melalui keringat.

Kemudian kebiasaan kecil ketiga adalah menghirup udara bersih. 

Menghirup udara bersih sangat berpengaruh pada kesehatan organ tubuh kita. Bagaimana kita bisa mendapatkan udara bersih? seperti halnya kita bisa bangun pagi lebih awal.

Kita buka jendela kita atau kita keluar rumah untuk menghirup udara yang bersih.

Atau kita juga bisa berekreasi ke pegunungan, disana kita bisa mendapatkan udara bersih.

BACA JUGA:Kapolres Pagaralam Kunjungi Korban Pembegalan yang Dirawat Intensif

Dan hal yang paling penting mengenai udara bersih ini adalah cobalah untuk menjaga lingkungan kita.

Jadi kita harus memperhatikan lingkungan kita dengan menjaganya yaitu, tidak membakar sampah sembarangan. 

Dengan kita membakar sampah sembarangan tanpa kita sadari kita telah mencemari udara dilingungan kita sendiri.

Lalu hilangkan kebiasaan merokok, bisa banyangkan beberapa juta orang yang merokok dan udara disekitar kalian menjadi seperti kabut karena asap rokok.

BACA JUGA:2.586 KPM Keluar Dari PKH

Kebiasaan kecil yang terakhir adalah berolahraga dengan sinar matahari, dengan berolahraga kita dapat memperbaiki metabolisme tubuh kita.

Melakukan olahraga juga dapat menurunkan stress, karena otak kita akan mengeluarkan satu hormon endorfin.ketika kita bahagia, otak kita akan menghasilkan hormon endorfin.

Lakukan olahraga sesuai dengan usia kita dan kondisi tubuh kita.

Kemudiansinar matahari. Pentingnya sinar mata hari bagi tubuh kita ialah didalam tubuh dan kulit kita terdapat kolesterol yang mengandung pro viitamin D.

Dengan bantuan sinar matahari, pro vitamin D ini akan diubah menjadi vitamin D dan dapat digunakan oleh tubuuh kita. 

Jika jumlah vitamin D didalam tubuh kita cukup, maka tidak akan mudah sakit . Sehingga imun kita menjadi lebihkuat.

tetaplah hidup sehat dan seimbang dengan lakukan hal-hal biasa diatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: