Cabai, Ayam, Telur Jadi Primadona

Cabai, Ayam, Telur Jadi Primadona

PEDAGANG: Tampak pedagang Cabai menjajakan dagangannya di Pasar PTM Lahat.-Foto: Heru/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Lahat – Emak-emak di Kota Lahat saat ini bisa tersenyum ketika berbelanja ke pasar. Pasalnya tiga bahan pokok yang selalu jadi stok di rumah, harganya alami penurunan. Diantaranya, cabe rawit merah yang kini diharga Rp 41 ribu per kilogram dari Rp 46 ribu per kilogram, daging ayam boiler Rp 25 ribu per kilogram dari Rp 30 ribu per kilogram, dan telur ayam Rp 24 ribu per kilogram dari Rp 26 ribu per kilogram.

Penurunan harga itu dikarenakan ketersedian stok yang berlimpah.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, Limra Naupan ST MT, melalui Kabid Perdagangan, Yulia Ning Dob SPd MM mengatakan, hasil pemantauan harga yang dilakukan pihaknya, memang ada penurunan harga untuk tiga komoditi tersebut. Sedangkan untuk bahan pokok lainnya, tetap stabil tidak alami kenaikan maupun penurunan.

“Harga bahan pokok penting (Bapokting) ini kita data setiap hari. Jika ada kenaikan, kita bisa tahu apa penyebabnya. Dan semaksimal mungkin berupaya, agar kenaikan tidak terlalu tinggi,” kata Yulia, Jumat (21/10).

BACA JUGA:Pasokan Melimpah, Harga Ayam Pramuka di Jarai Menurun

Dari hasil pantauan harga, untuk beras kualitas medium Rp 11 ribu per kilogram, Gula Pasir Rp 14 ribu per kilogram, cabe merah Rp 35 ribu per kilogram, bawang merah Rp 35 ribu per kilogram, bawang putih Rp 22 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp 15 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp 13 ribu per kilogram, dan kacang kedelai Rp 14 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Data Penduduk Secara Door To Door

“Pemantauan harga memang kita lakukan setiap hari. Tujuannya selain untuk lakukan pengawasan, juga sebagai upaya pengendalian inflasi,” ujar Yulia.

BACA JUGA:Manfaatkan Layanan Jebol

Sementara, Agus, pedagangan sayur di Pasar PTM Lahat membenarkan, adanya penurunan aharga tiga komoditi tersebut. Saat ini daging ayam dan cabai rawit merah jadi primadona, yang paling banyak dibeli warga.

Sedangkan untuk ikan, belum alami penurunan. Ikan lele dan patin masih diharga Rp 22-24 ribu per kilogram, sedangkan ikan mujair Rp 30 per kilogram.

“Konsumen saat ini lebih banyak beli daging ayam dan cabai rawit merah. Kalau ikan belum turun sejak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu. (her18)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: