Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan melalui CRM?

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan melalui CRM?

Customer Relation Management-Net-artikel indonesia

Melakukan dan memantau aktivitas penjualan bukanlah pekerjaan yang mudah, terlebih apabila tanpa bantuan alat pendukung seperti aplikasi CRM (Customer Relation Management). 

Ini karena ada banyak hal yang harus dilakukan oleh tim sales untuk meningkatkan penjualan. Mulai dari menyelesaikan tugas administrasi, mengunjungi lapangan, melayani pelanggan, membuat laporan, melakukan analisis, dan masih banyak lagi.

Jika semua tugas tersebut dilakukan secara manual, maka ini akan menghambat laju penjualan dan malah tidak dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap penjualan. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan sistem CRM untuk meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan bisnis secara efektif.

Sampai di sini, Anda mungkin akan bertanya-tanya tentang ‘Apa saja yang dapat dilakukan CRM terbaik untuk aktivitas penjualan?’ Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan menjabarkan cara meningkatkan penjualan melalui CRM di bawah ini.

1. Kelola tugas dengan lebih efisien

Cara meningkatkan penjualan yang pertama adalah dengan mengelola tugas penjualan dengan lebih efisien.

Aplikasi CRM dilengkapi dengan planner yang dapat membantu menjadwalkan aktivitas tim sales secara efektif. Misalnya seperti kapan mereka harus menelpon customer dengan fitur task management.

Task management ini nantinya dapat disesuaikan dengan flow perusahaan, termasuk calls, email, maupun mengatur meeting via aplikasi lainnya yang terhubung dengan sistem CRM.

Dengan demikian, tim penjualan Anda dapat mengelola dan melakukan tugas dengan lebih efektif dan efisien.

2. Otomatiskan tugas administrasi

Pada umumnya sistem manajemen hubungan pelanggan memiliki sales automation yang berfungsi untuk mengotomatiskan tugas administrasi yang berulang. Misalnya seperti membuat invoice untuk pelanggan.

Sales automation memungkinkan Anda dan tim penjualan dapat mengurangi tugas administrasi tim penjualan dan fokus pada tugas yang lebih penting. Dengan begitu, Anda dan tim juga dapat bekerja dengan lebih produktif untuk meningkatkan penjualan bisnis.

3. Dukung mobilitas tim sales secara efektif

Setiap salesman tentu memiliki mobilitas yang tinggi. Di mana mereka dituntut untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu singkat. Di saat yang bersamaan, mereka juga harus melaporkannya kepada supervisor atau manajer penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: