Berharap Tak Terjadi Erupsi Gunung Api Dempo

Berharap Tak Terjadi Erupsi Gunung Api Dempo

KONTIJENSI: BPBD Kota Pagaralam menggelar rapat penyusunan dokumen kontijensi GAD, berlangsung di Kantor BPBD Kota Pagaralam, kemarin.-Foto: Madhon/Pagaralam Pos-

PAGARALAMPOS.CO,PAGARALAM – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, melakukan penyusunan rencana dokumen kontijensi Gunung Api Dempo.

Saat ini penyusunan dokumen rencana kontijensi Gunung Api Dempo sudah masuki tahap II, diikuti dari perwakilan TNI, Polri, Camat, Lurah, SAR, BRIGADE, Dinkes, Kesbangpol,

Dinsos dan sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Pagaralam, bertempat di Aula Pertemuan Kantor BPBD Kota Pagaralam, Selasa 23 Agustus 2022.  

“Giat yang kita gelar ini dalam rangka penyusunan dokumen kontijensi Gunung Api Dempo Tahap II,

BACA JUGA:Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan

yang kita rencanakan sampai ke tahap III sehingga terbentuknya dokuman yang sah,”demikian dikatakan Kepala BPBD Kota Pagaralam, Jon Hasman.

Dikatakan Jon Hasman, begitu dokumen nantinya sudah selesai, nantinya juga akan ditandatangani oleh Gubernur Provinsi Sumsel.

Dokumen kontijensi Gunung Api Dempo sendiri memuat bagaimana mekanisme koordinasi, ketersediaan sarana dan juga prasarana, logistik, alokasi pendanaan, ketersediaan SDM, Tupoksi dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Infrastruktur Internet Masih di Butuhkan

“Dokumen kontijensi ini sebagai pedoman dalam penanggulangan bencana Gunung Api Dempo.

Jadi, ketika terjadi erupsi Gunung Api Dempo tindakan yang dilakukan sudah diketahui. Siapa berbuat apa, kebutuhan sarana dan prasarana dan lainnya,” jelasnya.

Lebih jauh Jon Hasman menerangkan pihaknya berharap tentu saja jangan sampai terjadi erupsi Gunung Api Dempo. “Mudah-mudahan dari adanya dokumen ini dapat mendeteksi kalau terjadi apa-apa pada Gunung Api Dempo.

Tapi kita tetap berharap kontijensi ini hanya sebatas kontijensi saja, jangan sampai terjadinya erupsi Gunung Api Dempo,” harapnya. (Cg09/CE-V/CE2)   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: