DD Bukan Hanya Untuk Infrastruktur

DD Bukan Hanya Untuk Infrastruktur

PAGARALAM POS, Lahat – Bupati Lahat, Cik Ujang SH meminta, kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Lahat agar bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) dengan baik. Pemanfaatan dana Desa tidak melulu harus digunakan untuk pembangunan infrastruktur, namun juga bisa digunakan untuk pertanian, peternakan, maupun perkebunan. Dengan begitu, keberadaan dana desa akan dirasakan betul oleh seluruh masyarakat desa.

            “Gunakanlah dana desa sebaiknya untuk keperluan desa sendiri. Saya lihat masih banyak pembangunan untuk jalan setapak, SPAL. Kenapa terus-terusan bangun itu, kan bisa dialihkan ke peternakan, pertanian atau perkebunan, yang bisa dirasakan juga oleh masyarakat desa,” kata Cik Ujang beberapa waktu lalu.

            Orang nomor satu di Bumi Seganti Setungguan ini juga mengatakan, kepala desa harus mampu berinovasi memanfaatkan dana bantuan pemerintah tersebut. Tujuan keberadaan dana desa itu, agar membuat desa kedepannya menjadi mandiri, desa yang dahulu tertinggal menjadi maju. Maju baik dalam insfrastruktur, kesejahteraan maupun pola pikir masyarakatnya.

            “Jadi jangan sampai hanya terserap untuk infrastruktur saja. Hidupkan BUMDes, agar pemuda desa juga bisa berkreasi, desa bisa memperoleh pendapatan asli desa (PAD), angka pengangguran di desa akhirnya juga bisa berkurang,” ujar Cik Ujang.

            Cik Ujang mencontohkan, Lahat merupakan wilayah yang tanahnya bagus untuk sektor pertanian, seperti di wilayah dapil IV dan III. Desa bisa berinovasi dengan membuat produk pertanian, yang hasilnya bisa di jual hingga ke luar Lahat. Begitu juga dengan sektor perikanan, jika berhasil nanti Lahat tidak perlu lagi suplay ikan dari luar, bila perlu menjadi penyuplai ikan ke daerah luar. “Jika ada desa yang serius, tentunya Pemkab Lahat melalui OPD terkait akan mendorong penuh upaya itu. Dengan begitu dana desa akan terserap dengan baik, untuk kesejahteraan masyarakat desa,” sampai Cik Ujang. (her18/min2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: