Tingkatkan Akses Angkutan Disektor Perkebunan

Tingkatkan Akses Angkutan Disektor Perkebunan

PAGARALAMPOS.CO, Pagaralam – Menindaklanjuti kerusakan infrastruktur jalan di Semidang Alas Kecamatan Dempo Tengah Pemkot Pagaralam melalui Dinas PUPR Kota Pagaralam akan segera melakukan peningkatan jalan. Sehingga dapat memudahkan transportasi warga disana terutama untuk memudahkan pengangkutan hasil perkebunan, terlebih lagi daerah tersebut merupakan sentara perkebunan baik kebun kopi maupun kebun sayur mayur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pagaralam Yudianto ST MT melalui Kabid Bina Marga Dodi Satriawan ST menyampaikan, perbaikan akses di Semidang Alas tersebut akan ditingatkan atau diperbaiki ditahun 2022  ini dan tinggal menunggu pelaksanaan saja.

“Sebenarnya akses jalan di Semidang Alas yang menghubungkan Jokoh di Kecamatan Dempo Tengah masuk perioritas akan ditingkatkan ditahun ini (2022, red),” ucap Dodi Satriawan kepada Pagaralam Pos, Rabu (13/7).

BACA JUGA:Warga Talang Lintang Minta Perbaikan Jalan

Dia menyebutkan, saat ini untuk progress realisasinya sudah ada kontrak kerjanya. “Dalam waktu dekat akan segera dilakukan serah terima pengerjaan dan titik nol (0) di Jalan Pesirah Jali yang menjadi akses  penghubungJokoh dan Semidang Alas,” ulas dia seraya mengatakan lokasi tersebut sudah kita crosscek langsung.

Lanjut Dodi, mengenai sumber dananya? Peningkatan akses tersebut melalui kucuran anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nilai mencapai Rp.7 Miliar. “Dalam pelaksanaannya nanti, ruas jalan direncanakan akan dilakukan pelebaran dikanan kiri bahu jalan. Yang semula akses tersebut cukup sempit dengan lebar sekitar 4 meter. 

“Dibeberapa titik lokasi tidak hanya dilakukan pelebaran namun juga akan dibangun saluran dreanase. Ini dilakukan untuk menopang jalan,” katanya seraya mengatakan jika akses ini sejak rampung dibangun memang belum tersentuh pemeliharaan (perbaikan, red).

BACA JUGA:Infrastruktur Pertanian Masih Dibutuhkan

Dengan adanya peningkatan sepanjang akses tersebut, tidak hanya meningkatkan kelancaran transportasi bagi warga disana. Namun juga, mendukung mobilisasi angkutan di sektor perkebunan bagi masyarakat.

“Harapan kita dengan membaiknya infrastruktur yang dibangun pemerintah ini turut meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas Dodi seraya menyebutkan pihak Dinas PUPR Kota Pagaralam juga fokus memprogramkan peningkatan infrastruktur jalan berdasarkan skala prioritas. (Atg06/CE2/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pagaralampos.disway.id