Strategi ini diterapkan dengan tujuan untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan tetap konsisten dan relevan.
Otomatisasi pesan ini bekerja dengan melibatkan integrasi antara CRM dan platform komunikasi tertentu. Sehingga memungkinkan bisnis untuk menjadwalkan pengiriman pesan hingga membentuk segmentasi pelanggan.
Channel terbaik untuk message automation
Message automation sering digunakan untuk meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan. Pemilihan saluran yang digunakan seringkali menyesuaikan karakter audiens dan kebutuhan komunikasi bisnis.
Karena setiap saluran memiliki keunggulannya masing-masing, jenis pesan bisa dioptimalkan untuk menjaga keterlibatan pelanggan secara berkelanjutan. Berikut beberapa saluran terbaik yang bisa kita rekomendasikan.
BACA JUGA:Undi Panen Hadiah Simpedes, BRI Dukung Pengembangan Perekonomian Mikro di Pagar Alam
WhatsApp Business API: cocok untuk broadcast promo atau reminder transaksi, sebagai platform pesan singkat, mereka memiliki tingkat open rate yang tinggi.
Instagram Direct Message (DM): ideal untuk bisnis yang aktif di media sosial, bisnis dapat menjawab pertanyaan secara personal dengan fitur ini.
Email: efektif untuk mengirim pesan kampanye dengan tendensi hubungan bisnis dalam jangka panjang, karena konteksnya dapat dipersonalisasi.
Live Chat atau Chat Widget Website: ideal untuk memberikan dukungan instan dan interaktif kepada pelanggan yang sedang mengunjungi landing page.
SMS: cocok untuk mengirimkan pesan pendek dengan jumlah karakter huruf yang terbatas.
Strategi Menggunakan Message Automation untuk Retensi
Message automation lebih dari sekedar mengirimkan pesan di jadwal tertentu secara otomatis. Selagi menggunakan strategi dan pengaturan yang tepat, langkah ini dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian berulang.
Pesan follow-up dan reminder otomatis
Di momen tertentu, pelanggan seringkali merasa lebih dihargai ketika bisnis menghubungi mereka terlebih dahulu. Misalnya, setelah melakukan pembelian, pelanggan merasa membutuhkan pesan konfirmasi bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan atau update terkait pengiriman barang yang sudah mereka beli.
BACA JUGA:Fakta Rumput Laut, Oleh-oleh Khas Lombok !