Penting, Ini 10 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

Sabtu 26-10-2024,09:51 WIB
Reporter : Mey
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Black garlic, atau bawang hitam, adalah bawang putih yang telah difermentasi dalam kondisi tertentu, menghasilkan warna hitam dan rasa yang lebih manis serta lembut.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitasnya meningkat berkat manfaat kesehatan yang beragam. Berikut adalah beberapa manfaat black garlic untuk kesehatan:

1. Sumber Antioksidan yang Kuat

Black garlic mengandung senyawa antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Antioksidan berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif.

Senyawa seperti allicin, yang terbentuk selama proses fermentasi, juga dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

BACA JUGA:Menjelajahi Beragam Manfaat Buah Pir bagi Kesehatan, Buah Kaya akan Nutrisi!

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa sulfur dalam black garlic membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal ini penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, black garlic dapat membantu menurunkan tekanan darah, berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular yang lebih baik.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Black garlic memiliki sifat imunomodulator, yang berarti dapat membantu mengatur dan memperkuat respons imun tubuh.

Dengan mengonsumsi black garlic secara teratur, tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit, termasuk flu dan pilek.

BACA JUGA:Inilah 10 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, yang Perlu Diketahui!

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kategori :