Menyelami Berbagai Manfaat Wortel, Selain Menjaga Kesehatan Mata!

Senin 21-10-2024,10:38 WIB
Reporter : Lia
Editor : Almi

Selain itu, wortel pula kaya akan antioksidan yang baik buat kesehatan mata. menggunakan rutin mengonsumsi makanan yg kaya akan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta antioksidan, mirip wortel.

Anda akan berisiko lebih rendah buat terkena aneka macam penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula.

2. Mengurangi risiko kanker 

BACA JUGA:Panduan Sehat Mengatasi Asam Urat dengan Cara Alami

Konsumsi wortel secara rutin pula bisa menurunkan risiko terkena kanker, mirip kanker prostat, kanker usus besar kanker lambung, dan kanker payudara. 

Hal ini sebab wortel merupakan galat satu sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti karoten, asam fenolik, vitamin A, vitamin C, antosianin.

Kandungan tadi mampu melawan dampak radikal bebas berlebih dalam tubuh, sebagai akibatnya bisa menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker. 

3. Menjaga kadar gula darah permanen normal

BACA JUGA:10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan, Menyimpan banyak Kandungan Nutrisi!

Wortel adalah salah  satu sayuran yg baik dikonsumsi buat menjaga kadar gula darah tetap stabil, baik di pasien diabetes maupun orang yg sehat.

Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan berisiko lebih rendah buat mengalami komplikasi, mirip gangguan ginjal serta kerusakan saraf.

Selain itu, wortel bermanfaat buat mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, sebagai akibatnya risiko terkena diabetes mampu dicegah.

Manfaat wortel ini diperoleh berkat kandungan serat serta beta karoten yang tinggi, tetapi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. 

BACA JUGA:Panduan Lengkap Alergi Jamur: Tanda-tanda, Pencegahan, dan Cara Mengatasinya

4. Mengontrol tekanan darah

Manfaat wortel berikutnya ialah mengontrol tekanan darah. Manfaat ini dari asal kandungan kalium di dalamnya yg mampu mengontrol tekanan darah cara membuang natrium atau garam berlebih pada dalam tubuh melalui urine.

Kategori :