Wajib Tau Penyebab Rumah Tangga Dilanda Perceraian

Selasa 17-09-2024,22:41 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Dalam upaya menurunkan angka perceraian dan mempersiapkan pasangan calon pengantin (catin) agar lebih siap secara mental, Kantor Urusan Agama (KUA) Pagaralam Utara mengadakan Bimbingan Perkawinan (Binwin) kepada pasangan Catin, bertempat di Balai Nikah KUA Pagaralam Utara. 

Kepala KUA Pagaralam Utara Drs Isnawi mengungkapkan, bahwa Pemerintah telah memperhatikan tingginya angka perceraian yang disebabkan ketidaksiapan mental, dalam menghadapi berbagai persoalan rumah tangga.

Karena itu, melalui Binwin, diharapkan para calon pengantin bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, tentang pentingnya kesiapan mental sebelum menikah.

Dalam bimbingan yang disampaikan narasumber berkompeten, para pasangan calon pengantin dibekali dengan berbagai materi penting terkait pernikahan, mulai dari aspek agama, psikologi, hingga pengelolaan konflik dalam rumah tangga. 

BACA JUGA:Cegah Perceraian, KUA Gelar Binwin Catin

“Pernikahan bukan sekadar menyatukan laki-laki dan perempuan dalam satu ikatan, tetapi juga melibatkan berbagai dinamika kehidupan, yang memerlukan kesiapan mental yang kuat,” ujar Isnawi.

Lebih lanjut Isnawi menambahkan, pemerintah juga telah menaikkan standar syarat usia nikah calon pengantin menjadi minimal 19 tahun.

Sebagai langkah untuk memastikan kesiapan mental dan fisik pasangan sebelum memasuki gerbang pernikahan.

Kebijakan ini diharapkan dapat mengurangi angka pernikahan dini yang sering kali berujung pada perceraian karena ketidaksiapan pasangan dalam menghadapi berbagai persoalan.

BACA JUGA: Tingkat Perceraian ASN di Lahat Terus Meningkat, Bidan Banyak Menjanda, Ini Faktor Penyebab!

Bimbingan perkawinan ini juga menjadi sarana bagi pasangan calon pengantin untuk memahami bahwa pernikahan bukan hanya tentang akad nikah.

Tetapi juga tentang bagaimana menjalani kehidupan bersama dengan segala tantangannya.

“Pemerintah sangat serius dalam menangani isu perceraian yang tinggi, dan melalui Binwin ini, kami berharap bisa membantu menurunkan angka perceraian dengan mempersiapkan calon pengantin lebih baik,” tambah Kepala KUA.

BACA JUGA:Dampak KDRT dan Faktor Ekonomi Terhadap Lonjakan Perceraian di Pagar Alam

Peserta Binwin mengapresiasi kegiatan ini dan menyadari pentingnya kesiapan mental dalam membangun rumah tangga.

Kategori :