Tips Mencuci Brokoli Agar Bebas Ulat dan Aman di Konsumsi

Rabu 18-09-2024,14:15 WIB
Reporter : Mey
Editor : Almi

Alternatif lain adalah menggunakan spinner salad untuk mengeringkan brokoli dengan cepat. Keringkan brokoli dengan hati-hati agar tidak merusak kuntum.

9. Potong dan Siapkan

Setelah brokoli kering, potong dan siapkan sesuai kebutuhan. Pisahkan kuntum brokoli dari tangkainya dan potong menjadi ukuran yang diinginkan. Jika ada bagian yang terasa keras atau tidak segar, buang bagian tersebut.

BACA JUGA:Kulit Kamu Sering Kusam, Ini Rekomendasi Facial wash buat Kulit Kusam, Tips Mengatasi!

10. Simpan dengan Benar

Jika Anda tidak segera menggunakan brokoli setelah mencucinya, simpan di dalam wadah kedap udara di lemari es.

Brokoli segar bisa bertahan beberapa hari jika disimpan dengan benar. Namun, untuk menjaga kesegarannya, lebih baik mencuci dan menyiapkan brokoli sesaat sebelum digunakan.

11. Pertimbangkan Untuk Memasak

Walaupun mencuci brokoli dengan cara ini sangat membantu, memasak brokoli juga merupakan cara efektif untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin ada.

Anda bisa merebus, mengukus, atau menumis brokoli sesuai selera. Memasak brokoli juga meningkatkan ketersediaan beberapa nutrisi, seperti beta-karoten, dan membuatnya lebih mudah dicerna.

BACA JUGA:Kecanduan Shopping ? Tips Mengatasi Kecanduan Belanja Online!

Tips Tambahan:

Gunakan Air Bersih: Pastikan air yang digunakan untuk mencuci brokoli bersih dan tidak terkontaminasi.

Periksa Secara Visual: Selalu periksa brokoli secara visual setelah dicuci untuk memastikan tidak ada sisa kotoran atau serangga yang tertinggal.

Jangan Merendam Terlalu Lama: Hindari merendam brokoli terlalu lama dalam larutan cuka atau garam, karena dapat menghilangkan beberapa nutrisi dan rasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa brokoli yang dikonsumsi tidak hanya bersih tetapi juga aman dan sehat.

Kategori :