Menyejukkan Jiwa, 6 Spot Sunrise Terbaik Saat Travelling ke Dieng

Minggu 25-08-2024,21:58 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

3. Gunung Pakuwaja


Foto : Sunrise di Dieng--bobobox.com

Gunung Pakuwaja berlokasi Desa Sidorejo, Tieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Adalah spot sunrise Dieng lainnya yang wajib kamu ketahui. Gunung ini berada di ketinggian 2.410 mdpl dan terletak di sebelah selatan Bukit Sikunir.

Supaya bisa menyaksikan sunrise, kamu harus mendaki ke puncaknya terlebih dahulu. Barulah setelah itu kamu bisa melihat lanskap dataran tinggi Dieng dengan lebih leluasa.

BACA JUGA:Cocok Untuk Melihat Sunrise, Eksplorasi Wisata Alam Wana Mukti Siguede di Magelang yang Mempesona

Daya tarik lain yang ditawarkan spot ini adalah keberadaan batu besar runcing menjulang yang bentuknya seperti menhir.

Menurut mitos yang beredar, batu tersebut adalah pasaknya Pulau Jawa, yang membuat pulau ini tetap berdiri kokoh. 

4. Gardu Pandang Dieng

Tak semua orang mau mendaki gunung untuk menyaksikan matahari terbit. Jika kamu salah satunya, coba saja datang ke Gardu Pandang Dieng.

Spot sunrise Dieng ini terletak di ketinggian 1.789 mdpl. Meski begitu, kamu tak akan merasa lelah menempuhnya karena gardu tersebut berada di dekat lokasi parkirnya.

Ketika berada di Gardu Pandang Dieng, Bob sarankan untuk memesan sejumlah sajian kuliner khas Dieng yang dijajakan tak jauh dari gardu pandang. 

BACA JUGA:Keindahan Gunung Prau, Sunrisenya Jadi Incara Para Pendaki, Seindah Apakah?

Salah satu yang wajib dicoba adalah purwaceng, minuman khas Dieng yang kerap disajikan hangat-hangat.

5. Bukit Skoter

Berlokasi di Desa Krajan, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabuoaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bukit Skoter adalah objek wisata baru yang ada di dataran tinggi Dieng dengan ketinggian sekitar 2.150 mdpl.

Nama “Skoter” diambil dari nama bangunan menara tower yang dulunya digunakan untuk memantau aktivitas Gunung Dieng. Oleh masyarakat Dieng, Bukit Skoter kerap dijadikan spot menikmati sunrise atau sunset.

Kategori :