Mengenal 6 Kesenian Tradisional Medan

Minggu 25-08-2024,11:09 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

Kain ulos pun memiliki berbagai warna yang menarik, mulai dari warna netral seperti hitam, hingga warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau.

Masing-masing kain ulos sendiri memiliki kegunaan yang berbeda, seperti ulos sibolang yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Ulos ragi hotang yang digunakan untuk acara pernikahan, dan lainnya. Jadi pastikan untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, ya!

BACA JUGA:Dibalik Kemegahannya! Inilah Sejarah Istana Maimun Kerajaan Deli di Kota Medan

Rumah adat asal Sumatra Utara identik dengan tampilan rumah panggung dengan atap yang runcing. Namun pada kenyataannya, rupanya terdapat berbagai jenis rumah suku adat yang mungkin belum kamu ketahui.

Tiap rumah adat memiliki ukuran, bentuk, dan peruntukan yang berbeda. Contohnya saja rumah adat Karo memiliki ukuran yang paling besar.

Dan atap yang paling tinggi, dengan tinggi mencapai 12 meter, atap terbuat dari ijuk hitam, dan uniknya, dibangun tanpa menggunakan paku!

Tentunya masih banyak lagi rumah suku adat di Sumatra Utara yang tak kalah unik dan menarik! Pastikan untuk kunjungi sebanyak-banyaknya untuk pelajari sejarah dan kegunaannya.

BACA JUGA:Awas Keliru! Ternyata Inilah Perbedaan Mencolok Antara Orang Medan dan Orang Batak, Simak Yuk

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, Sumatra Utara hanyalah salah satunya. Sumber daya yang berbeda menyebabkan cara hidup yang berbeda juga, sebuah hal yang terefleksi dalam kesenian setempat.

Dengan mempelajari budaya daerah tersebut, kita juga bisa mempelajari nilai yang dipegang oleh masyarakat setempat.

Kategori :