Mengenal 6 Kesenian Tradisional Medan

Minggu 25-08-2024,11:09 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

- Gerak tari sipat, ditandai dengan gerak mata yang memberi isyarat bahwa penari wanita ingin menjalin hubungan dengan penari pria.

BACA JUGA:Taukah Kamu? Inilah 5 Destinasi Wisata Religi yang Memukau di Medan

- Gerak tari goncat-goncet, ketika sang penari pria sudah menerima isyarat dan menunjukkannya dengan langkah kaki seirama.

- Gerak tari sebelah kaki, keduanya masih ragu untuk menyatakan perasaan namun akhirnya merasa yakin bahwa keduanya memiliki perasaan yang sama.

- Gerak tari langkah tiga, melalui lompatan pada gerakan tarian, hal ini menunjukkan kebahagian kedua pasangan karena telah memulai hubungan.

- Gerak tari melonjak yang menggambarkan rasa berdebar karena menunggu restu dari orang tua.

Gerak tari datang-endatangi, yang menceritakan proses penari pria dalam meminang penari wanita. Pada bagian ini, masing-masing penari akan diiringi oleh dua kelompok penari lainnya.

BACA JUGA:Selain Wisatanya yang Menakjubkan! Medan Juga Suguhkan Wisata Religi yang Menarik untuk Dikunjungi

Gerak tari rupa yang menggambarkan proses menuju pelaminan dan rasa bahagia yang sangat besar.

Gerak tari sapu tangan, ketika dua penari mengeluarkan sapu tangan yang tersambung untuk menunjukkan bahwa mereka tidak akan pernah berpisah.

5. Kain Ulos


Foto : Kain Ulos Medan--Bobobox.com

Selain tarian, seni budaya di Sumatra Utara juga tercermin melalui kain ulos. Kain yang terbuat dari benang kapas yang diwarnai ini telah digunakan untuk menunjukkan identitas sebagai bagian dari suku Batak.

Secara tradisional, tugas menenun kain ulos umumnya menjadi tugas seorang wanita. Hal ini karena suku Batak percaya bahwa proses menenun memiliki kaitan yang erat dengan peran merawat keluarga dan masyarakat.

BACA JUGA:Mengguggah Selera! Inilah 5 Kenikmatan Makanan Khas Medan yang Wajib Kamu Coba Saat Buka Puasa

Oleh sebab itu, proses menenun bukanlah mata pencaharian utama dan hanya dilakukan di waktu senggang – sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Kategori :