Travelling Murah di 7 Pulau Wisata, Ada Yang Mirip Raja Ampat

Minggu 18-08-2024,21:04 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

Danau tersebut menjadi habitat bagi ribuan ubur-ubur mini yang tidak menyengat sebab mereka sudah terjebak sejak ribuan tahun silam di dalam sana.

Sebagai informasi, hanya ada tiga tempat di dunia yang memiliki ubur-ubur tanpa sengat, yaitu Pulau Kakaban, Pulau Togean (Indonesia) dan Rock Island (Mikronesia). Namun, jenis ubur-ubur di Kakaban lebih banyak.

Setidaknya, ada empat jenis ubur-ubur yang hidup di Danau Kakaban, yaitu ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata), dan ubur-ubur bintik (Mastigias papua).

BACA JUGA:Liburan ke Sumba, Kamu Wajib Cicipi 5 Kuliner Khas yang Lezat

Ubur-ubur tersebut didominasi oleh warna oranye kemerahan yang begitu kontras dengan dengan dasar danau yang kehijauan.

Dengan kehadiran ubur-ubur special ini, Kakaban pun menjadi spot favorit untuk pecinta snorkeling. Selain menikmati keidahannya, kamu pun bisa berenang bersama dan bahkan menyentuh ubur-ubur tanpa takut tersengat.

Namun, ada beberapa syarat yang perlu kamu ikuti untuk menjaga kelestarian mereka, yaitu berupa larangan untuk:

Menggunakan alat bantu renang, seperti kaki katak. Mengangkat ubur-ubur keluar dari air.

Melompat saat masuk ke danai sebab bisa melukai ubur-ubur. Menggunakan krim appaun sebab zat kimianya bisa mencemari habitat ubur-ubur.

BACA JUGA:Bikin Romantis, 8 Resort Terbaik untuk Bulan Madu di Lombok

3. Pulau Seram

Pulau Seram merupakan pulau utama dan terbesar di Provinsi Maluku yang terbagi ke dalam tiga kabupaten, yaitu Maluku Tengah, Seram Timur dan Seram Barat.

Berbeda dengan namanya, Seram merupakan salah satu pulau terindah di Indonesia. Meski terbilang underrated, pulau satu ini menyuguhkan segudang keindahan alam yang tidak ada habisnya untuk kamu jelajahi, mulai dari pantai, pulau, gua, air terjun hingga danau.

Beberapa pantai dan pulau yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Ora, Pantai Gumumae, Pantai Kuako, Pulau Latunai, Pulau Marsegu, Pulau Geser, Pulau Kon dan Taman Nasional Manusela.

Selain itu, ada juga Tanjung Sesar yang cocok untuk menikmati sunset, Air Terjun Lumoli, Air Terjun Waisia, Danau Thoru, dan Goa Akohi.

BACA JUGA:Mengungkap Keindahan Gunung Rinjani, Punya Sejarah Letusan Terdahsyat di Pulau Lombok

Kategori :