Apa Ciri Khas Kota Palembang yang Menarik Wisatawan? Temukan Ikon-Ikon Terkenalnya di Sini!

Rabu 14-08-2024,19:24 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, merupakan salah satu kota paling ramai di Pulau Sumatera.

Kota ini mengalami perkembangan pesat, baik dari segi infrastruktur maupun pariwisata, menjadikannya destinasi yang kaya akan daya tarik wisata dan budaya. 

Palembang bukan hanya dikenal sebagai kota industri, tetapi juga sebagai kota yang penuh dengan warisan sejarah dan budaya yang unik.

Di antara banyaknya warisan tersebut, beberapa yang paling menonjol adalah kain songket Palembang, kuliner khas pempek, dan ikon Jembatan Ampera.

BACA JUGA:Eksplorasi 6 Wisata Unik di Sumatera Selatan yang Jarang Diketahui Traveler!

Keanggunan Kain Songket Palembang

Indonesia dikenal dengan beragam kain tradisionalnya, dan Palembang memiliki kain songket sebagai salah satu warisan budayanya yang paling terkenal.

Kain songket sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya dan hingga kini tetap eksis dan dikagumi, baik di dalam negeri maupun di kancah internasional. 

Keindahan kain songket Palembang menjadikannya dijuluki sebagai “Ratunya Kain.” 

BACA JUGA:Udah Tau Belum? Ini Dia 7 Tempat Wisata Tersembunyi di Sumatera Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi!

Dalam sejarahnya, kain songket digunakan sebagai pakaian adat kerajaan, memberikan kain ini status yang istimewa.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kain songket pun sangat menarik dan berkualitas tinggi, terbuat dari benang emas dan sutra. 

Keindahan motifnya, yang umumnya berupa bunga, bintang, dan pola tradisional lainnya, mencerminkan keahlian dan kehalusan dalam pengerjaan kain ini.

Meskipun dulu hanya digunakan oleh kalangan keluarga kerajaan, kain songket kini telah menjadi lebih terjangkau dan digunakan oleh masyarakat umum, terutama pada acara-acara resmi seperti pernikahan. 

BACA JUGA:Siapa Saja Suku di Sumatera Selatan yang Wajib Diketahui? Temukan Deretannya di Sini!

Kategori :