Wajib Tahu, Inilah 11 Suku yang Ada di Sumatera Selatan, Punya Tradisi yang Unik!

Senin 05-08-2024,14:51 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

5. Suku Melayu Lintang

Suku Melayu Lintang tinggal di kawasan pegunungan Bukit Barisan dan di tepi Sungai Musi. 

Mereka berfokus pada bercocok tanam, menghasilkan kopi, beras, kemiri, karet, dan sayur-sayuran, serta memelihara berbagai jenis ternak.

BACA JUGA:Mengenal Kehidupan Suku Laut, Berbulan-bulan Hidup di Perahu!

Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Melayu Barisan Selatan. 

Kehidupan mereka sangat bergantung pada pertanian dan perternakan, yang mencerminkan hubungan harmonis mereka dengan lingkungan sekitar.

6. Suku Sekayu

Suku Sekayu terletak di Kabupaten Musi Banyuasin dan dikenal dengan kebiasaan mereka mendirikan rumah yang dekat dengan Sungai Musi.

BACA JUGA:10 Tradisi Khas yang Membuat Dunia Tersenyum, Inilah Kisah Unik dari Berbagai Suku dan Negara!

Mereka lebih suka menetap di satu tempat dan berfokus pada pertanian. Hasil pertanian mereka meliputi padi, singkong, ubi, jagung, kacang tanah, dan kedelai. 

Selain itu, mereka juga menanam karet, cengkeh, dan kopi. Suku Sekayu adalah contoh dari kelompok yang sangat terhubung dengan sumber daya alam di sekitar mereka.

7. Suku Rawas

Suku Rawas mendiami wilayah aliran Sungai Rawas dan Sungai Musi bagian utara, khususnya di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

BACA JUGA:Misteri Sacsayhuamán, Jejak Astronomi Kuno Suku Inca yang Mengejutkan di Pegunungan Andes

Dengan populasi sekitar 100.000 jiwa, mereka sebagian besar bekerja sebagai petani atau di bidang perkebunan, serta pengrajin rotan dan pandan. 

Bahasa yang digunakan oleh suku Rawas termasuk dalam rumpun Melayu, menunjukkan kedekatan budaya dengan suku-suku Melayu lainnya di kawasan tersebut.

Kategori :