Asal-Usul Suku Bugis: Perjalanan Etnis Melayu yang Berpindah dari Daratan Asia ke Nusantara

Jumat 19-07-2024,12:54 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Suku Bugis adalah kelompok etnik dari Sulawesi Selatan yang dikenal dengan bahasa dan adat-istiadat mereka.

Pendatang Melayu dan Minangkabau yang menetap di Sulawesi sejak abad ke-15 dan berakulturasi dengan budaya setempat juga dianggap sebagai bagian dari orang Bugis.

Menurut sensus penduduk Indonesia tahun 2000, populasi orang Bugis sekitar enam juta jiwa. Kini, orang Bugis tersebar di berbagai provinsi Indonesia seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Papua, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau.

Di luar Indonesia, komunitas Bugis juga banyak ditemukan di Malaysia dan Singapura.

BACA JUGA:Lagi Booming di Bandung, 9 Wisata Hits di 2024

BACA JUGA:Menelusuri Bendungan Kuningan: Wisata Keluarga di Jawa Barat yang Menawan

Orang Bugis termasuk dalam suku-suku Melayu Deutero yang bermigrasi ke Nusantara setelah gelombang migrasi pertama dari daratan Asia, khususnya Yunan.

Nama "Bugis" berasal dari kata To Ugi, yang berarti orang Bugis, merujuk pada raja pertama Kerajaan Cina di Pammana, Kabupaten Wajo, yaitu La Sattumpugi. Ketika rakyat La Sattumpugi menyebut diri mereka, mereka menggunakan nama To Ugi.

La Sattumpugi adalah ayah dari We Cudai dan saudara Batara Lattu, ayah Sawerigading. Sawerigading adalah suami We Cudai dan ayah La Galigo, yang dikenal melalui karya sastra besar berjudul I La Galigo, yang berisi sekitar 9000 halaman folio.

Kisah Sawerigading juga dikenal di tradisi masyarakat Luwuk, Kaili, Gorontalo, dan beberapa daerah lain di Sulawesi.

BACA JUGA:Pesona Alam Bandar Lampung: 5 Tempat Wisata dengan Pemandangan yang Mengagumkan

BACA JUGA:Rasakan Kesegaran Maksimal di 8 Destinasi Wisata Air Terbaik Bandung

Dalam perkembangannya, komunitas Bugis membentuk beberapa kerajaan seperti Luwu, Bone, Wajo, Soppeng, Suppa, Sawitto, Sidenreng, dan Rappang.

Proses pernikahan menyebabkan adanya hubungan darah dengan suku Makassar dan Mandar. Saat ini, orang Bugis tersebar di beberapa kabupaten seperti Luwu, Bone, Wajo, Soppeng, Sidrap, Pinrang, dan Barru. 

Daerah peralihan antara Bugis dan Makassar termasuk Bulukumba, Sinjai, Maros, dan Pangkajene Kepulauan, sedangkan peralihan antara Bugis dan Mandar adalah Polmas dan Pinrang.

Kategori :